Mohon tunggu...
Novi Nurhikmah
Novi Nurhikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Nyanyi dan Menonton / Humble tetapi membutuhkan waktu / Religi dan Humoris

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Nikmati Pesona Berkunjung ke Curug Layung Bandung

12 November 2022   15:14 Diperbarui: 12 November 2022   15:16 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hijaunya pemandangan disertai hembusan angin yang sejuk dan sinar matahari yang menembus aliran air terjun ditengah deretan pohon pinus melengkapi keindahan alam menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur ke Desa Wisata untuk melepas penat. Pasalnya, wisata alam ini menyajikan pemandangan alam indah yang sangat terasa kearifan lokal nya sehingga bisa membuat tenang dan relaks. Curug adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat. Di Jawa Barat ada banyak curug yang bisa dijumpai, salah satunya adalah Curug Layung. Untuk lokasi tepatnya, curug ini berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551.

Curug Layung menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh anak muda hingga orang tua. Hal ini dikarenakan Curug Layung menawarkan beragam hal yang dapat dinikmati saat berlibur di sini. Salah satu hal yang bisa dinikmati saat berada di Curug Layung Lembang adalah pemandangan hutan pinus yang terlihat sangat asri. Selama pendakian menuju area curug, Moms akan disuguhi dengan pemandangan deretan pohon pinus yang mengelilingi area di sekitar Curug Layung.

Curug Layung yang termasuk dalam kawasan Cisarua ini memiliki air terjun yang terbentuk secara alami. Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga alirannya tak begitu deras. Kondisi demikian membuatnya tampak sangat aman untuk berenang di kolam yang ada di bawahnya. Curug Layung itu sendiri berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Objek wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, lho, jadi tempat ini sangat ramah berkendara. Berhubung lokasinya yang berada di dataran tinggi, maka tidak heran kalau cuaca di sini terbilang cukup sejuk. Jika Moms ingin berwisata ke sini, lebih baik menggunakan pakaian yang agak tebal, ya! 

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Curug Layung selain menikmati pemandangan hutan pinus dan air terjunnya adalah berkemah. Moms bisa berkemah di tengah hutan pinus yang memiliki udara sejuk dan dingin. Di tempat ini, Moms juga akan disuguhkan dengan suara burung berkicau yang menentramkan hati dan membuat kita menyatu dengan alam srhingga relaks.

Selain itu, Curug Layung juga dikenal memiliki banyak spot instagramable yang cocok untuk dijadikan sebagai latar berfoto. Di dekat curug ini terdapat bagian yang beririsan dengan tebing dan jurang.

Di sini didirikan pula beragam dek panorama atau gardu pandang yang terbuat dari kayu dan ranting pohon. Bentuknya sangat beragam, mulai dari perahu melayang, sangkar burung, hingga kursi. Dari atas gardu pandang inilah Moms bisa berfoto dengan berlatar pemandangan hutan pinus yang indah.

Tiket masuk Curug Layung terbilang sangat terjangkau, karena Moms cukup mengeluarkan dana sekitar Rp10.000 saja. Tapi, kalau Moms ingin menginap dengan mendirikan tenda alias berkemah, maka ada biaya tambahan senilai Rp15.000. Tidak membawa peralatan berkemah? Tenang, Moms tak perlu khawatir.

Di sana terdapat penyewaan peralatan kemah, yang harganya mulai dari Rp40.000 per tenda. Satu kemah memiliki kapasitas 3-5 orang. Tambahan biaya lainnya adalah jika Moms membawa kendaraan. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir yang harus dikeluarkan adalah Rp5.000. Sedangkan, untuk kendaraan roda empat, biaya parkirnya adalah Rp10.000.

Jam buka Curug Layung ini selama 24 jam penuh, Jadi, Moms bisa datang pada jam kapan berapa saja dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, lho, Moms. Mulai dari toilet umum, kamar mandi, warung makan, hingga gazebo. Menarik bukan? Murah dan meriah untuk melepaskan rasa lelah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun