Mohon tunggu...
Novika AmaliaWahyuningrum
Novika AmaliaWahyuningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Covid-19 #DiRumahAja oleh Mahasiswa UNS

30 Juni 2020   19:17 Diperbarui: 30 Juni 2020   19:21 16 0 0 Mohon Tunggu...

PURWOREJO-Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir tahun 2019 menyatakan secara resmi bahwa Virus Corona (Covid-19) sebagai pandemi. Pada 2 Maret 2020 Pemerintah RI mengumumkan bahwa wabah covid-19 telah menyebar ke Indonesia dengan adanya dua (2) kasus pertama covid, maka seluruh pemimpin daerah menyatakaan keadaan darurat. 

Pada 14 Maret 2020, Bupati Purworejo mengumumkan secara resmi keadaan darurat di Kabupaten Purworejo sehingga masyarakat dihimbau agar melaksanakan kegiatan di rumah. Banyaknya perantau yang mudik ke Purworejo menjadi alasan dinyatakannya keadaan darurat karena banyaknya ODP, "Pemudik sejak tanggal 20 Maret kemarin sampai saat ini sudah sekitar 11 ribu. Kami imbau agar warga jangan mudik dulu dan patuhi pemerintah" Agus Bastian di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (27/3/2020). Pada hari Kamis, 14 Mei 2020 kasus positif covid-19 di Kabupaten Purworejo dikonfirmasi di posisi puncak se-Jawa Tengah yaitu sejumlah 45 orang positif covid-19.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah, Universitas Sebelas Maret terpanggil untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di masyarakat. Kegiatan KKN Covid-19 Tahap I dilaksanakan juga di Kabupaten Purworejo  oleh Mahasiswa UNS, Novika, agar terjun ke masyarakat untuk memberikan edukasi secara intensif kepada masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan dengan harapan dapat membantu mengurangi penyebaran covid-19 selama 45 hari yang dimulai pada bulan Mei dan dibimbing oleh Dr. Kristina Setyowati, M.Si. selaku dosen pembimbing lapangan.

Novika melaksanakan Kagiatan KKN Covid-19 di Dusun Sebelik RT 01 RW 01 Desa Banyuasin Kembaran. Kegiatannya meliputi pemasangan poster-poster dan banner terkait covid-19 dan cara-cara agar terhindar dari covid-19. Selain itu juga melakukan sosialisasi maupun edukasi secara online baik melalui grup whatsapp RT maupun media social lainnya. 

Dengan adanya edukasi oleh mahasiswa UNS secara intensif dan efektif seperti pembiasaan mencuci tangan sesuai dengan anjuran WHO, pentingnya pemakaian masker yang baik dan benar, pembuatan disinfektan sendiri di rumah serta penyebaran informasi penting dan aktual seputar covid-19, dll, khususnya kepada warga Dusun Sebelik RT 01 RW 01 Desa Banyuasin Kembaran, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo ini terbukti sangat membantu masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan di dalam maupun di luar rumah selama masa pandemi covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x