Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... Lainnya - berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Tips Mengelola Stres agar Tidak Berkepanjangan

13 Juli 2021   13:22 Diperbarui: 20 Juli 2021   21:25 698 23 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mengelola Stres agar Tidak Berkepanjangan
Ilustrasi kesepian dan stres di masa pandemi (Sumber: Freepik)

Sejak dua minggu yang lalu, rasanya saya tak pernah sehari pun tak membaca pesan yang berisi kabar duka ataupun sekadar informasi mengenai pengisian tabung oksigen dan juga kebutuhan akan donor plasma konvalesen di beberapa WAG. 

Kalaupun tak mendapatkan pesan di WAG, selalu saja ada teman-teman yang mengunggah status di media sosialnya mengenai hal-hal tersebut.

Tak jarang, hal ini membuat saya beberapa hari susah tidur, bahkan sempat juga paranoid berlebihan hingga berniat mengonsumsi berbagai jenis vitamin untuk menjaga imun tetap sehat.

Pasalnya, meski saya tak ke mana-mana dan hanya di rumah saja, rasa parno akan virus jahat yang menghampiri tetap saja ada.

Tapi ternyata, saya bukan satu-satunya yang mengalami kecemasan ini. Banyak teman-teman saya di luar sana yang juga merasakan hal yang sama.

Bahkan di tempat kerja salah satu teman, bos mereka sampai-sampai mengirimkan pesan yang cukup melegakan, yaitu untuk menunda pekerjaan yang kurang begitu mendesak dan menganjurkan untuk sedikit bersantai dalam bekerja demi menjaga kesehatan mental di bulan yang berat ini.

Waah, jika si bos saja sudah sampai berpikir demikian, sungguhlah bulan ini memang benar-benar bulan yang berat bagi semua orang.

Tak berhenti sampai di situ, mengingat sudah beberapa hari belakangan saya pun susah tidur, saya putuskan untuk melakukan hal-hal berikut agar kesehatan mental saya tetap terjaga dengan baik.

1. Batasi dan seleksi sumber informasi yang diterima
Beberapa WAG yang cukup aktif dalam menanyakan dan membagikan informasi mengenai tabung oksigen, donor plasma konvalesen, serta mengirimkan gambar-gambar rumah sakit yang selalu penuh, sudah saya putuskan untuk saya pasang dalam mode "mute forever"

Saya pun mulai menonaktifkan akun media sosial saya agar tak lagi mendapatkan kelebihan informasi yang mengganggu pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x