Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... Lainnya - berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Jelajah Pantai di Kupang hingga Menemukan Senja Terindah di Pulau Rote

8 Mei 2021   15:38 Diperbarui: 9 Mei 2021   17:21 1619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pantai Nemberala, Rote (Dokumentasi pribadi)

Katanya,
Indonesia itu terbentang dari Pulau Weh hingga Pulau Rote,
dan berdiri ku kini,
di salah satu ujungnya,
di Pulau Rote,
masih dengan senja di ufuk timur.

Tak berhenti sampai di Sumba, tapi perjalanan ini masih berlanjut lagi hingga ke pemberhentian berikutnya, yakni Pulau Rote.

Sayangnya, tak ada penerbangan langsung dari Sumba ke Pulau Rote. Saya pun memilih untuk singgah dulu di Kupang agar lebih dekat menuju Pulau Rote nantinya.

Berhubung sudah di Kupang, tak elok rasanya jika tak menjelajahi Kupang terlebih dahulu.

Gua Kristal

Dari namanya saja sudah membuat penasaran ya, apakah di dalam gua tersebut banyak ditemukan kristal?

Konon katanya, dahulu kala gua ini memang dipenuhi dengan bebatuan yang menyerupai kristal. Sayangnya, kini bebatuan tersebut tak lagi ada.

Nah, yang menarik dari gua ini adalah keberadaan dari telaga di dalam gua dengan warna airnya yang hijau kebiruan. Airnya juga jernih dan nyaman untuk berenang!

Gua Kristal dengan airnya yang jernih (Dokumentasi pribadi)
Gua Kristal dengan airnya yang jernih (Dokumentasi pribadi)
Namun, akses masuk ke Gua Kristal sungguh mendebarkan! Gua ini berada di bawah tanah sehingga mau tidak mau, memasuki gua ini pun harus dengan menuruninya. 

Jalan masuknya sempit dan terhitung curam. Jalannya pun cukup licin di musim penghujan sehingga benar-benar harus berhati-hati saat melewatinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun