Noviatun Nisa 22107030040
Noviatun Nisa 22107030040 Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suka Film

8 Jam Kehujanan di Gunung Sindoro, Ngeri-Ngeri Sedap

8 Juni 2023   07:05 Diperbarui: 8 Juni 2023   07:34 514

Halo Kompasianer

Kembali kita tulis tentang gunung. Alam memang selalu menjanjikan keindahannya salah satunya gunung. bagi saya gunung adalah karya indah sang pencipta yang selalu memanggil untuk kembali lagi dan lagi. pernah ga sih kamu kebayang kehujanan sampai delapan jam di gunung?

Ini pengalaman saya saat mendaki Gunung Sindoro, salah satu gunung yang masuk ke dalam triple S nya jawa tengah ya, Sumbing, Sindoro, dan Slamet. Gunung Sindoro terletak di Kabupaten Temanggung provinsi Jawa Tengah. Gunung Sindoro memiliki ketinggian puncak mencapai 3136 mdpl. Dinamakan guru Sindoro berasal dari kata Sansekerta Sundara yang artinya indah, bentuk lain untuk perempuan dari Sindoro adalah Sundari yang memiliki arti cantik.

Untuk mendaki gunung sindoro Kita dapat melewati beberapa jalur diantaranya Jalur basecamp Kledung dan via Alang Sewu. FYI Gunung Sindoro masih termasuk gunung berapi aktif loh kompasianer. Pendakian yang saya lakukan di Gunung Sindoro melalui via alang-alang Sewu, saya mendaki bersama tujuh orang teman.

Saat itu kami berangkat menuju basecamp alang-alang sewu yang berada di Temanggung setelah Dzuhur sekitar jam 02.00 siang. Belum sampai di basecamp kami juga ditemani oleh guyuran hujan yang mempersulit transportasi kami menuju ke basecamp. kami tiba di basecamp alang-alang Sewu tepat pada saat waktu magrib kami melakukan peristirahatan dan registrasi untuk mendaki.

Jam 09.00 tepat kami bersepakat untuk memulai perjalanan menapaki tanah hutan Sindoro. ada sebutan untuk para pendaki gunung sindoro yaitu Pajero Sindoro atau penjelajah Rimba Sindoro. Menuju kaki gunung ditawarkan jasa ojek trail yang memang jarak basecamp menuju pos 1 di kaki gunung cukup jauh. Biaya yang dikeluarkan untuk transportasi ojek ini sebesar Rp20.000 per orang dengan estimasi perjalanan kurang lebih 10 menit menggunakan motor.

Di tengah rintik gerimis malam kami berdoa untuk mendaki gunung sindoro. Siapa yang tidak berpikir macam-macam melewati hutan di gelap malam dengan posisi gerimis yang cukup lebat. Seperti pendakian Gunung lainnya kami juga melakukan istirahat ketika lelah sudah datang. Satu yang saya ingat di saat pendakian Saya sempat merasakan ngantuk yang begitu berat disertai mual dan itu bukan kondisi yang baik kami istirahat cukup lama karena hal itu.

Sekitar pukul 01.00 Kami sampai di sunrise Camp atau tempat untuk membangun tenda beristirahat. memang larangan untuk mendirikan tenda di atas ketinggian sunrise Camp. kami beres-beres makan dan setelah itu istirahat untuk besok pagi menjemput submit sunrise Gunung Sindoro.

Mungkin kurang hoki Saat itu cuaca tidak mendukung sehingga pagi kami bukan disambut sunrise tetapi disambut oleh gerimis. namun gerimis tidak menghalangi kami untuk melakukan submit ke Puncak latar Ombo atau Puncak Sindoro. perjalanan yang kami lakukan Memang agak kesiangan dibandingkan jadwal yang telah kami Tentukan.

Cuaca saat kami naik tidak terlalu buruk walaupun mendung gerimis tidak datang kembali sayangnya saat perjalanan pulang kami kembali lagi ditemani oleh bukan lagi gerimis tetapi hujan.