Mohon tunggu...
novia triastuti
novia triastuti Mohon Tunggu... Novia

Nikmati proses, tanpa protes!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Mengamati dari Kacamata Bisnis, Tren 2021 Tampaknya Akan Semakin Berkiblat pada Korea

6 Januari 2021   08:56 Diperbarui: 6 Januari 2021   18:33 337 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati dari Kacamata Bisnis, Tren 2021 Tampaknya Akan Semakin Berkiblat pada Korea
Ilustrasi Photo by Ibrahim Boran on Unsplash - Intip Tren 2021 yang Tampaknya Akan Semakin Berkiblat pada Negara Korea 


Jika tahun 2020 menjadikan masker, ikan cupang dan tanaman janda bolong sebagai tren pada masanya hingga menyedot perhatian masyarakat lokal ataupun dunia. Lantas, apa yang pantas untuk mengisi tren 2021 ya? 

Emm.. bicara soal tren, awal tahun 2021 tentu tak lepas dari terkaan, prediksi dan ekspektasi setiap individu. Nah, untuk menemukan tren 2021, sedikit bermain tebak-tebakan tak ada ruginya. Belajar memprediksi dan mengamati sekitar, kira-kira apa ya yang pantas menjadi tren 2021.

Wait, sebelum lanjut memprediksi, amati sekitar dulu yuk. By the way kalian sadar gak sih bahwa banyak sekali negara yang lebih kecil dari Indonesia. Tapi, meskipun mereka kecil, nyatanya negera tersebut mampu menguasai pasar dunia, seperti negara Korea misalnya.

Yaps, saat ini Korea tampaknya kian meroket dan melejit hingga nayris merajai dunia, setuju gak nih?

Coba lihat! Mulai dari makanan, kosmetik, teknologi, sosial media, musik hingga dunia perfilman mereka, siapa sih yang tak mengenal.

Ya, everything about Korea? Siapa sih yang gak tau makanan Kimci? Minuman soju khas Korea? Drama Korea, musik Korea hingga artis Korea? Ya, siapa yang tek mengenal Blackpink, EXO dan lain sebagainya!

Ngomongin, Everything about Korea, tampaknya mereka telah memenuhi jagat, bahkan sudah meracuni sebagian banyak dari kawula muda di berbagai penjuru dunia.

Eh, tak perlu jauh-jauh melihat deh, coba deh amati sekitar kalian dulu. Hampir rata-rata dari produk, musik, film dan tokoh yang bermunculan di berbagai platform media digital di Indonesia, sejak beberapa tahun terakhir telah didominasi, Korea kan?

Ditambah kondisi pandemi yang mau tak mau sudah memaksa setiap orang berada di rumah, kini perfilam atau drama Korea dan musik mereka semakin menjadi sahabat baru manusia milenial belakangan ini.

Eits, tapi gaya hidup di rumah seperti sekarang tampaknya tak akan berjalan lancar tanpa teknologi digital yang mewadahi media-media tersebut.

Dengan gawai, kini dunia benar-benar ada di genggaman setiap manusia. Dengan gawai pula, berbagai bisnis kreatif dan inovatif kembali berlomba memasuki kehidupan umat manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN