Lingkungan

Penemuan Candi di Sukoharjo

11 Oktober 2018   22:02 Diperbarui: 12 Oktober 2018   01:49 333 0 0
Penemuan Candi di Sukoharjo
Radar Solo

Menelisik jejak sejarah yang tersisa Di Sukoharjo. Badan Penelitian Cagar Budaya (BPCB) meneliti adanya temuan candi di dukuh Candi, desa Ngreco, kec Weru berupa ambang pintu candi. Berbeda dengan candi Sirih yang lokasinya agak jauh. Candi sirih ditemukan dengan ukuran luas 7,25 x 6,95 meter persegi. Dalam penemuan candi ini ada 7 orang tim yang bekerja didalamnya tiga diantaranya adalah tim dari balar (Balai Arkeologi).  

Candi Sirih merupakan candi peninggalan Hindu pada masa Mataram kuno di abad ke- 9 masehi. Candi sirih berupa kompleks dengan sebuah candi induk menghadap ke barat dan tiga candi perwara menghadap ke timur ke arah candi induk yang terbuat dari batu putih.

"Kami diminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sukoharjo untuk melakukan studi kelayakan candi tersebut apakah layak dikembangkan atau tidak, dalam arti apakah bisa dilestarikan dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan."  Ujar Baskoro Daru Tjahjono selaku peneliti pada Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil yg diperoleh Situs Candi Sirih ini masih cukup lengkap dengan satu candi induk dan dua candi perwara. Satu candi perwara tidak ditemukan, tetapi selain itu ditemukan struktur batu yg diduga sebagai bagian dari pagar candi ke depan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menastikan keberadaan pagar candi tersebut.

"Candi Sirih cukup lengkap komponennya,  jadi layak untuk dilestarikan dan dikembangkan, tapi tentu harus diteliti lebih dalam lagi. " lanjut Baskoro.

Paling cepat laporan hasil penelitian ini kurang lebih satu minggu . Saat ini tim Balar memulai tanggal 9-11 Oktober dan nanti tanggal 15-17 Oktober ada tim dari BPCB Jawa Tengah.

Sebagai pengamat budaya Sukoharjo Kokor  mengataka,"penemuan Candi Sirih ini dapat menjadi objek wisata,  karna melihat dari kota-kota lain seperti Klaten, Jogja,  Tawangmangu dan beberapa tempat disekitar memiliki iconik candi,  maka Sukoharjo juga berpeluang besar dalam hal peninggalan sejarah ini." Ungkap kokor.