Mohon tunggu...
Novia Respati
Novia Respati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Senang menulis dan memasak šŸ˜Š

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bermesraan dengan Buku-buku di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

27 Mei 2024   16:48 Diperbarui: 28 Mei 2024   12:49 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat ini dibuka untuk umum pada pukul 09.00-17.00 wib untuk hari Senin hingga Kamis, dan pukul 09-20.00 wib untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Tidak ada biaya masuk, namun sebelum berkunjung pastikan kamu telah mendaftarkan diri di website perpustakaan.jakarta.go.id. Setelah melengkapi biodata, otomatis akunmu akan mendapatkan barcode. Dan barcode tersebut dapat digunakan sebagai akses masuk ke dalam area perpustakaan ini.

kolase foto pribadi
kolase foto pribadi
Persis di Taman Ismail Marzuki, perpustakaan ini berada di lantai 3 gedung Ali Sadikin. Pertama, kita harus scan barcode lebih dulu di pintu masuk perpustakaan. Lalu melapor ke meja informasi untuk mendapat kunci loker dan sebuah tas transparan yang berfungsi untuk menyimpan barang berharga kita (dompet, hp) saat berada di dalam area perpustakaan. Karena tas, makanan dan botol minum harus disimpan di dalam loker.

Setelah mengunci loker, kita dapat mulai menjelajahi segala sudut ruang dalam perpustakaan ini. Konsep modern dan kekinian tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Meski perpustakaan ini kerap ramai oleh pengunjung, namun suasana perpustakaan yang selalu lekat dengan keheningan, tetap dapat dirasakan di sini.

Tampak para pengunjung dari berbagai usia begitu khidmat, bermesraan dengan buku bacaannya masing-masing. Ada yang duduk di kursi dan sebagian memilih santai duduk di atas karpet berbulu.

Tak hanya membaca, banyak juga di antaranya yang membawa laptop dan mengerjakan tugasnya di dalam area ini. Mereka yang membawa laptop dapat memilih duduk di kursi yang dilengkapi dengan meja.

kolase foto pribadiĀ 
kolase foto pribadiĀ 
Semua bebas dengan posisinya masing-masing. Mau membaca sambil selonjoran, tiduran atau guling-gulingan, terserah saja asalkan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain.

Meski koleksi buku di sini terlihat sangat banyak, namun saya tidak berani mengatakan bahwa perpustakaan ini terbilang lengkap. Ketersediaan buku di rak, dapat kita cari tahu lebih dulu melalui layar tab besar yang berada di dekat dinding.

tab informasi ketersediaan buku | dokpri
tab informasi ketersediaan buku | dokpri
Secara garis besar, perpustakaan ini tak hanya menyediakan buku-buku dalam bahasa Indonesia. Melainkan terdapat pula buku-buku dalam bahasa asing. Dan tentu saja tiap raknya dilengkapi dengan informasi sesuai kategori buku, yang dapat memudahkan pengunjung untuk menemukan buku yang dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun