Mohon tunggu...
novia putriridanar
novia putriridanar Mohon Tunggu... PROFESIONAL

wanita karir profesional

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Melaksanakan KKN Covid-19 di Sragen, Jawa Tengah

6 Juli 2020   22:18 Diperbarui: 13 Juli 2020   11:12 18 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Melaksanakan KKN Covid-19 di Sragen, Jawa Tengah
Foto: Dokumentasi pribadi


(Senin, 6 Juni 2020) KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Kali ini KKN yang dilaksanakan sangat berbeda dari KKN biasanya yaitu KKN Tanggap Wabah Covid 19. KKN Tanggap Wabah Covid 19 ini dilaksanakan secara individdu di daerah asal tempat tinggal mahasiswa. KKN ini bertujuan untuk menambah pemahaman tentang covid 19 di masyarakat. 

Seperti yang dilakukan oleh Novia Putri R (NIM H0817074) yang didampingi dosen pendamping lapang : bapak Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P (NIP. 196102161986031002) , mahasiswa fakultas pertanian, Universitas Sebelas Maret yang bertempat tinggal di Margoasri gang 4 Rt 24 ,puro, Karangmalang,Sragen Jawa Tengah yang menggangkat tema "Supporting  Pemahaman Covid 19 terhadap Masyarakat"* KKN ini dilaksanakan selama 45 hari dari tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2020. Kegiatan tersebut berupa pemberitahuan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 dan cara penggunaan masker dan handsanitizer yang baik dan benar.. 

Mulai dari apa itu Covid-19, bahayanya seperti apa, bagaimana cara penyebaran virus tersebut hingga bagaimana langkah-langkah pencegahannya atau pemutusan penyebaran rantai Covid-19.  Mulai dari pentingnya sosisal distancing, stay at home, pola hidup bersih dan sehat, cara mengatasi kebosanan saat di rumah saja, hingga kebiasaan yang harus dilakukan saat era new normal. Informasi-informasi tersebut diberikan kepada masyarakat melalui media sosial WhatsApp grup. Selain itu kegiatan juga dilakukan secara door to door ke rumah warga guna memberikan informasi dan edukasi secara langsung tentang pentingnya menggunakan masker sebagai perlindungan diri dan handsanitizer.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sehingga mereka paham akan pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, makan makanan yang bergizi hingga olahraga dan istirahat yang cukup guna pencegahan Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x