Mohon tunggu...
Novianty Purnama
Novianty Purnama Mohon Tunggu... Noviantypi

Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program Studi Diploma 4 Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Section Apa Saja sih yang Ada di Kitchen?

22 April 2021   23:19 Diperbarui: 23 April 2021   00:13 35 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum guys, gimana puasanya hari ini? Semoga lancar terus ya sampe hari terakhir. Nah, ngomong ngomong soal puasa, kalian tau kan apa itu dapur (kitchen)? Ya betul, Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan hingga siap untuk disajikan. Selain itu, apakah kamu tau bagian bagian dan siapa saja orang yang bertanggung jawab di dapur suatu hotel bintang 5?

Sebelumnya perkenalkan namaku Novianty Purnama Illahi Mahasiswa Penerima Beasiswa Kemdikbud program Beasiswa Unggulan program studi Diploma 4 Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Buat kalian yang belum tahu tentang dapur, menjadi beberapa bagian tentunya sangat banyak dan mempunyai pekerjaan dan tanggung jawab yang berbeda beda. Dan biasanya sekelas hotel berbintang yang memiliki kamar dan event yang banyak pastinya tidak mungkin jika hanya memilik satu dapur dan satu executive chef yang memiliki peran sebagai orang yang bertanggung jawab semua hal dalam makanan , seorang exchef mempunyai banyak section kitchen dan setiap section kitchen mempunyai masing masing kepala untuk bertanggung jawab atas sectionnya atau bisa disebut sous chef dan cdc (chef de cuisine )

Setiap kitchen memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda seperti dibawah ini :

1. All Day Dining Kitchen. 

Termasuk area main kitchen atau biasa kita kenal ADD , dapur ini biasanya menjadi sorotan pertama karna termasuk fasilitas hotel dan add kitchen hidup 24 jam , yang termasuk untuk menyiapkan breakfast , brunch, lunch , dan dinner sekalipun, pada section kitchen ini  terbagi menjadi beberapa section seperti section asian, western section, coldkitchen section, japannese section. atau biasa disebut restaurant 24 jam nonstop dan menyiapkan room service untuk tamu hotel.

2. Garde Manger.

dokpri
dokpri
Garde manger atau biasa dikenal dengan sebutan cold kitchen section adalah bagian dapur yang biasa mengelola makanan dingin , makanan pembuka (appetizer), sandwich, canape , dan masih banyak lagi. Dan juga menyiapkan berbagai hidangan dengan bahan tidak dapat bertahan lama , seperti fruit salad, salad bar, caesar salad dan lain-lain. Area ini biasa untuk mensupport restaurant event banquet dan juga breakfast dan dapat pula untuk membuat dekorasi pada makanan yang sangat indah dan fresh . area ini harus dengan ruangan bersuhu dingin.

3. Commisary.

Commissary section, Berbeda dengan dapur yang lain commissary section ini adalah tempat penyimpanan berbagai macam sayuran dan buah-buahan , preparation untuk mensupport semua area banquet, restaurant, cold kitchen , atau biasa dikenal dengan sebutan "Preparation Room"

4. Butcher.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN