Mohon tunggu...
Novianti Puspitasari
Novianti Puspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa dan Guru - Mahasiswa PG PAUD UNS

Gemar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Terapkan TPACK: Dosen PG PAUD UNS Adakan Workshop Penggunaan Media AR dalam Pembelajaran Bahasa Inggris AUD untuk Guru TK di Surakarta

6 September 2022   13:49 Diperbarui: 6 September 2022   14:19 218 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi, Foto Bersama

Era Digitalisasi, tim dosen PG PAUD FKIP UNS kembali berkiprah dalam pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak dengan menyelenggarakan Workshop Penggunaan Media Augmented Reality (AR) Book dalam Pembelajaran Bahasa Inggris AUD untuk Guru di TK LKMD Marsudisiwi dan TK Merpati Pos Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

Pada hari Kamis, 1 September 2022 tepatnya pukul 13.00 WIB, tim pengabdian melaksanakan Workshop Penggunaan Media Augmented Reality (AR) Book dalam Pembelajaran Bahasa Inggris AUD. Workshop ini dilakukan di TK Marsudisiwi dengan dihadiri 4 dosen yang merupakan tim pengabdian, 3 mahasiswa sebagai asisten pengabdian, dan 6 guru yang terdiri dari 3 guru TK LKMD Marsudisiwi dan 3 guru TK Merpati Pos. Adapun dosen yang turut berkiprah dalam pengabdian ini adalah Ruli Hafidah S.Pd., M.Hum (Ketua Tim), Warananingtyas Palupi S.Sn., M.A., Nurul Kusuma Dewi S.Pd., M.Pd., dan Vera Sholeha S.Pd., M.Pd.

Acara workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul dengan pemberian sambutan oleh ketua tim pelaksana, Ibu Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum. dilanjutkan dengan penginstalan aplikasi AR yang dimotori oleh Ibu Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A., kemudian memasuki acara inti yaitu penyampaian materi yang terbagi  menjadi 2 sesi. Sesi pertama membahas tentang Penggunaan Media Augmented Reality (AR) Book/ Flashcard dalam Pembelajaran Bahasa Inggris AUD yang disampaikan oleh Ibu Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum., dan untuk sesi kedua membahas tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran dengan Media AR yang dipaparkan oleh Ibu  Nurul Kusuma Dewi S.Pd., M.Pd.,. dan acara diakhiri dengan sesi diskusi serta tanya jawab.

Pemaparan materi pada sesi pertama oleh Ibu Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum. diawali dengan pengenalan TPACK yaitu seluk beluk TPACK, komponen penyusunnya, penerapan TPACK dalam pembelajaran bahasa inggris, hingga penjelasan mendetail terkait AR yang meliputi pengenalan AR, manfaat,  kelebihan, komponen penggunaan AR, dan langkah penggunaan produk AR hingga praktek menggunakan produk AR .

Dokumentasi pribadi, Praktek Penggunaan AR
Dokumentasi pribadi, Praktek Penggunaan AR

Berbicara tentang TPACK dan AR, Ruli mengatakan bahwa perkembangan iptek khususnya teknologi digital yang saat ini sudah masuk ke semua ranah, termasuk dunia Pendidikan. Penerapan teknologi dalam dunia Pendidikan biasa disebut dengan istilah TPACK. TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan system pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam Pembelajaran. Guru PAUD sebagai pemegang peran utama dalam dunia pendidikan anak usia dini dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkan teknologi (TPACK) dalam pembelajarannya.

IPTEK yang diterapkan dalam pengabdian ini berupa penggunaan media pembelajaran berbasis digital yaitu AR (Augmented Reality) dalam pembelajaran bahasa Inggris AUD. Augmented Reality (AR) sendiri merupakan sebuah terobosan dan inovasi teknologi di bidang multimedia dan image processing yang mampu mengangkat sebuah benda yang yang sebelumnya datar atau dua dimensi, seolah-olah menjadi nyata bersatu dengan lingkungan sekitarnya atau objek tiga dimensi (Arifitama, 2017).

Dokumentasi pribadi, Tampilan AR
Dokumentasi pribadi, Tampilan AR "ABC Marbel 4D"
Media AR Book merupakan kombinasi antara media pembelajaran dan teknologi. AR membutuhkan suatu marker sebagai lokasi titik kemunculan dari objek AR (Arifitama, 2017). Marker dapat berupa barcode maupun gambar. Buku disini berfungsi untuk mencetak marker yang digunakan. Penggunaannya yaitu menggunakan aplikasi Unity3D yang akan menscan marker dan menampilkan gambar 3D. Media pembelajaran AR Book yang dikeluarkan oleh Amazon.com merupakan salah satu media buku yang dikombinasikan dengan teknologi AR. Media ini sangat menarik bagi anak, karena selain menampilkan karakter dalam bentuk 4D sesuai dengan awalan huruf pada karakter tersebut, media ini juga menyediakan berbagai bentuk huruf alfabet dalam
kemasan aplikasi dan buku yang disertai dengan bunyi hurufnya.

Dokumentasi pribadi, Suasana Workshop AR di TK LKMD Marsudisiwi Surakarta
Dokumentasi pribadi, Suasana Workshop AR di TK LKMD Marsudisiwi Surakarta

"Banyak tema yang bisa dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media AR. Contoh tema kosa kata bahasa inggris yang dapat dijadikan bahan mengajar antara lain animal, fruit, food, profession, transportation, dan shape. Dari sini perlu kita pupuk bersama, bahwa pendidik masa kini adalah pendidik kreatif yang adaptif." Tegas Ruli saat menyampaikan materi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan