Mohon tunggu...
Media

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF INTERNET BAGI KOMUNIKASI INTERNASIONAL

28 Desember 2018   11:45 Diperbarui: 28 Desember 2018   12:28 0 0 1 Mohon Tunggu...

Di era teknologi saat ini segala sesuatu dapat dilakukan dengan instan melalui internet, tentunya hal ini sangat mempermudah manusia dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Contohnya dengan perpaduan internet dan teknologi manusia dapat memprogram robot yang dapat melakukan kegiatan manusia yang bersifat monoton seperti, robot-robot yang ada di pabrik. 

Tidak menutup kemungkinan jika dimasa depan kegiatan manusia dapat digantikan oleh robot dan hal ini dapat mengancam pekerjaan jasa manusia. Selain itu di bidang marketing, internet juga sangat berperan besar, apa contohnya ? 

Belanja online, banyaknya situs belanja online mempermudah manusia memperoleh segala sesuatu baik membeli antar daerah hingga antar negara dalam hal ini pemerintah sulit melakukan pengawasan jual beli online dikarenakan banyaknya proses jual beli yang dilakukan masyarakat. 

Internet juga menyediakan sumber informasi yang sangat luas melalui internet kita bisa mencari informasi yang kita butuhkan, bahkan semua informasi ada di internet. Manfaat lain internet bagi Komunikasi adalah sebagai media belajar dan hiburan. Dalam hal belajar saat ini banyak e-learning dimana belajar melalui internet contohnya adalah aplikasi ruang guru temen-temen bisa download aplikasi nya untuk belajar melalui internet atau biasa di sebut e-learning. 

Internet untuk hiburan sendiri saat ini adalah banyaknya game online yang bisa menyambung kan suara atau biasa disebut voice chat juga merupakan kemajuan teknologi internet untuk komunikasi di bidang hiburan. Salah satu manfaat yang mungkin kita sendiri lupa saat ini adalah internet memudahkan komunikasi, coba teman-teman tanya kepada orang tua temen-temen bagaimana dulu cara mereka berkomunikasi dengan orang yang berada di luar kota atau luar pulau ? 

Dulu hanya bisa melalui surat dimana butuh waktu yang sangat lama agar surat tersebut diterima, coba bandingkan dengan saat ini ? Bahkan perbedaan negara pun bukan menjadi masalah untuk tidak berkomunikasi karena kemajuan teknologi. Karena kemajuan internet inilah sering terjadinya bentrokan budaya dengan negara lain, kemudahan orang berkomunikasi dan semakin maraknya penggunaan sosial media membuat orang yang berada di negara lain dapat melihat budaya di suatu negara dan meniru sehingga terjadi claim mengklaim budaya . Padahal hal ini terjadi seiring kemajuan internet itu sendiri.

Terlepas dari semua manfaat internet tentu memiliki dampak negatif nya pula, kejahatan yang terjadi di internet saat ini sudah sangat banyak terutama di Indonesia. Contoh kasus yang Paling sering adalah bullying di sosial media hingga berujung bunuh diri. Memaknai kemajuan teknologi saat ini harusnya masyarakat mengerti dan semakin dewasa dalam menyikapi hal tersebut sehingga tidak terjadi kejahatan-kejahatan melalui internet. 

Salah satu kejahatan yang sangat berbahaya saat ini melalui internet adalah Global Surfilance. Mengapa hal ini saya bilang sangat berbahaya ? Saat ini negara-negara besar atau negara Adi kuasa mempunyai teknologi yang selangkah lebih maju di banding negara berkembang, global Surfilance merupakan satu cara yang dilakukan beberapa oknum untuk mengendalikan manusia. 

Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia melalui internet berpotensi untuk di awasi oleh orang lain, contohnya laptop yang sedang menyala dan tersambung dengan internet dapat dilakukan peretasan sehingga melalui kamera web cam nya dapat merekam aktivitas manusia tersebut. 

Melalui kejahatan seperti ini pemerintah dapat mengontrol masyarakat nya bahkan masyarakat dunia. Ingin melihat bagaimana cara kerja kejahatan global Surfilance ini terjadi ? Teman-teman dapat melihat gambaran nya melalui film Snowden yang disutradarai oleh Oliver Stone.