Mohon tunggu...
Edukasi

Sejarah Komunikasi Internasional

27 September 2018   21:01 Diperbarui: 27 September 2018   21:29 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pertumbuhan komunikasi pada abad ke -- 19 merupakan sebagai bentuk perkembangan yang terjadi, komunikasi sendiri telah mengalami pertumbuhan yang pesat pada era 1900 tepatnya saat perang dunia ke II, pada masa itu komunikasi telah digunakan sebagai ilmu terapan karena pada saat perang dunia mereka mulai berkomunikasi kepada negara lain , komunikasi internasional yang modern dapat diterangi dengan pemahaman tentang unsur-unsur keberlanjutan dan perubahan dalam perkembangan tersebut.  

Pada abad ini penemuan media baru seperti telegraph, televisi, dan radio untuk komunikasi internasional telah dipertunjukan melalui penggunaan mereka untuk propaganda internasional dan juga menyadari potensi mereka untuk bersosialisasi serta perkembangan ekonomi. Jaringan komunikasi dan teknologi adalah kunci bagi mekanisme pemerintah yang didistribusikan, kampanye militer dan perdagangan. Sejarawan yunani, Diodorus Cronus (abad ke-4 sm) menceritakan bagaimana raja persia, Darius I (522-486 sm), yang memperluas imperium persia dari donau ke sungai Indus, dapat mengirim berita dari ibu kota ke provinsi melalui jalur yang dibaratkan orang-orang yang berada di dataran tinggi. Jenis transmisi ini adalah 30 kali lebih cepat daripada menggunakan pelari. Di De Bello Gallico.

Alat komunikasi yang dikembangkan dari lempeng tanah liat di Mesopotamia, papirus roll di mesir kuno dan di yunani kuno, ke perkamen perkamen di imperium romawi. Pada abad kedelapan, intro kertas - duitan dari cina mulai menggantikan perkamen di dunia islam dan menyebar ke eropa abad pertengahan. Juga dari cina, pencetakan secara perlahan disebarkan ke eropa, dibantu oleh pekerjaan spanyol di spanyol, tetapi tidak sampai abad ke-14, dengan mesin cetak yang digerakkan dengan gerakan yang dikembangkan oleh Johann Gutenberg, seorang perajin emas di Mainz di jerman, bahwa sarana komunikasi untuk dikonversi.

Perkembangan pesat dari telegraf adalah fitur yang sangat penting dalam pembentukan imperium inggris. Dengan koneksi telegraf komersial pertama yang didirikan di inggris pada tahun 1838, oleh 1851 dinas telegraf umum, termasuk sistem tata cara yang tertele sistem tata surya, diperkenalkan. Pada akhir abad ini, sebagai hasil koneksi kabel, telegraf memungkinkan kantor kolonial dan kantor India untuk berkomunikasi langsung dengan imperium dalam beberapa menit ketika, sebelumnya, telah memakan waktu berbulan-bulan untuk datang ke laut.

Industri surat kabar memainkan peran penting dalam pengembangan jaringan telegraf internasional, untuk dapat memanfaatkan peningkatan pesat dalam permintaan berita, khususnya informasi keuangan yang dibutuhkan untuk melakukan perdagangan internasional. Pendirian kantor berita merupakan perkembangan yang paling penting dalam industri surat kabar dari abad kesembilan belas, mengubah proses penyebaran berita, secara noasional dan internasional. Meningkatnya permintaan di kalangan klien bisnis untuk informasi komersial pada bisnis, saham, mata uang, komoditas, panen memastikan bahwa lembaga berita bertumbuh dalam kekuasaan dan jangkauan.

Tiga kantor berita eropa, Havas, Wolff dan Reuters, yang semuanya disubsidi oleh pemerintah mereka, membesar-besarkannya di eropa, dan mencari di luar benua untuk memperluas operasi mereka. Pada tahun 1870, mereka menandatangani perjanjian untuk memecah-belah pasar dunia di antara mereka bertiga.

Pusat berita yang tidak tertandingi untuk berita dunia, lebih lanjut dikembangkan oleh kegiatan komersil, keuangan, dan kekaisaran. Pada tahun 1890, Wolff, Reuters dan Havas menandatangani perjanjian baru selama lebih dari sepuluh tahun. Havas muncul lebih kuat dari sebelumnya, itu menjadikan amerika selatan sebagai daerah yang eksklusif, dan juga indo-cina. Namun, Havas mendapat posisi di mesir, yang menjadi daerah eksklusif Reuters tetapi terus berbagi amerika dan amerika tengah dengan kantor berita Reuters. 'mayor badan eropa berbasis di ibukota kerajaan. Ekspansi mereka di luar eropa adalah inti yang berkaitan erat dengan kol

Sumber :

Buku international communication continuity and change karya Daya Kishan Kushu