Mohon tunggu...
Novella Hikmi
Novella Hikmi Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Buku-buku Islam

Perempuan Jawa Ingin menebar manfaat melalui rangkaian aksara.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Pemicu Gagal di Bulan Ramadan Karim

5 Mei 2022   18:03 Diperbarui: 5 Mei 2022   18:09 694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: jurnalmedan.pikiran-rakyat.com

Ramadan adalah satu dari dua belas bulan yang sangat mulia. Bulan yang senantiasa dinanti-nanti segenap kaum muslimin di manapun berada.

Meski euforia penyambutan bulan mulia itu dengan gegap gempita di mana-mana, tetapi tidak jarang kegagalan berpihak pada sebagian kaum muslimin.

Semua itu dapat terjadi disebabkan tidak memiliki kesiapan ilmu dalam menjalani Ramadan.

Kita semua tahu, Allah subhanahu wa ta'ala menjanjikan banyak hal di bulan mulia itu. Namun, ternyata yang didapat hanya berupa lapar dan dahaga.

Kesalahan terbesar sebagian orang adalah perilaku mengkhususkan memaksimalkan ibadah hanya pada malam-malam ganjil di bulan Ramadan.

Jika banyak seperti itu, gemar memilih-milih malam, lantas beramal ala kadarnya ketika bertepatan malam genap. Perilaku seperti ini fix menunjukkan bakhilnya seseorang. Orang yang kerap menghitung-hitung amalnya di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala.

Beberapa Sebab Gagalnya Ramadan diantaranya, yaitu:

1. 10 Hari Terakhir tidak Maksimal

Apa yang menyebabkan tidak maksimal di 10 hari terakhir?

Perkataan Imam Ibnu Rajab, bahwa Ramadan itu memiliki 10 hari dengan tiga bagian, yaitu 10 hari pertama, kedua dan ketiga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun