Mohon tunggu...
Pendidikan

Siapa yang Ukuran Selnya Lebih Besar? Gajah atau Tikus?

28 Agustus 2018   22:28 Diperbarui: 28 Agustus 2018   22:34 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo, pembaca setia kompasiana, Namaku Novelin dari SMA Kolese Loyola Semarang. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai ukuran sel. Dengan tema "Gajah yang memiliki berat 1 ton pasti ukuran sel nya lebih besar daripada sel tikus. Seberapa jauh anda setuju?". Selamat membaca.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada  baiknya jika kita memahami dahulu mengenai  apa itu sel dan bagaimana sel bisa tercipta atau terjadi.Menurut Irnanigtyas,2017  Sel merupakan tingkatan struktural kehidupan terendah yang memiliki seluruh sifat kehidupan, seperti reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan, pemanfaatan energi,responsif terhadap lingkungan, homeostatis, serta adaptasi terjadap lingkungan di sekitarnya.

Bagian- bagian atau biasa disebut juga organella juga tidak dapat berdiri sendiri untuk menyusun kehidupan makhluk hidup.  Kata sel berasal dari bahasa Latin yaitu "Cellulla" yang artinya ruang kosong. Sel sendiri pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Sel yang ditemukan oleh Robert Hooke yaitu berupa sel gabus.

Sel gabus yang dimaksud bukanlah ruangan kosong yang berisi cairan lalu ada inti sel di tengahnya namun berupa deretan ruangan kecil dalam sel gabus tersebut. Lalu penemuan sel berkembang saat Antonie Van Leeuwenhook menemukan sel hidup dari alga spriogyra.

Tidak hanya Robert Hooke dan Antonie Van Leeuwenhook saja yang menemukan sel. Ada beberapa ilmuwan seperti :

  • Jean Baptiste de Lomarck (1809) mengungkapkan bahwa setiap badan makhluk hidup merupakan kumpulan sel-sel.
  • individu merupakan kesatuan dari sel-sel dinyatakan oleh Ludolph Christian Treviranus dan Johann Jacob Paul Moldenhawer.
  •  Pada tahun 1835,Johanes Purkinje mengatakan bahwa cairan di dalam sel yang bernama protoplasma.
  • R.Strasburger menyatakan juga bahwa setiap inti sel berasal dari inti sel sebelumnya yang melakukan pembelahan.

dan masih banyak ilmuwan-ilmuwan lain yang mengatakan seperti itu.

Apakah semua sel hanya berupa deretan ruangan kecil? Tentu saja tidak.. Sel terdiri dari berbagai macam bentuk seperti batang, silinder, bulat, pipih, hexagon, segi enam, dan masih banyak lagi. Mengapa sel mempunyai bentuk yang bermacam-macam ? Karena pembentukan sel sendir dibantu oleh mikrotubuli yang fungsinya untuk menentukan macam-macam bentuk dan tipe sel.

Bentuk bentuk sel yang unik dapat tercipta karena adaptasi fungsional, tekanan dari berbagai macam sel di dalamnya,dsb. Dan juga bentuk yang bermacam-macam tiap sel memberi keuntungan pada sel untuk melakukan aktivitasnya masing-masing.

Bentuk-bentuk sel yang bermacam-macam juga memiliki tipe-tipe sel. Sel hanya memiliki dua tipe yaitu sel prokariotik dan sel eukarotik. Dan uniknya, setiap makhluk hidup tersusun dari salah satu tipe sel. Sel prokariotik adalah sel yang belum memiliki nukelus(inti sel). Contoh organisme prokaritoik adalah Archabacteria, Eubacteria, dan Cyanobacteria.

Dan ada juga sel eukaritoik yang merupakan sel yang memiliki nukleus. Mengapa bisa sel eukaritoik memiliki nukleus? Karena ditinjau dari nama latinnya eukaryon, eu artinya sebenarnya dan karyon artinya inti. Organisme eukariotik itu seperti protista fungi, plantae dan animalia.

Melihat sekilas yang sudah dibahas, kita bisa menarik kesimpulan kecil bahwa di dalam sel banyak organel- organel lain yang bekerja. Apa saja organel itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun