Mohon tunggu...
Novelin Silalahi
Novelin Silalahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Mahasiswa Studi Pascasarjana, Analisis Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Jatuh Cinta dengan Tanah Papua

3 Oktober 2021   14:18 Diperbarui: 3 Oktober 2021   14:33 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kami pun dikenalkan dengan Anak Raja Namatota, disana kami dijamu dengan makanan ikan segar, kasbi, kue lontar, dan sekai yang artinya semacam tarian kebersamaan. Namatota begitu luar biasa.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Kampung Lobo untuk mendistribusikan listrik dalam mensukseskan visi Kaimana Terang. Suku asli yang tinggal di kabupaten Kaimana adalah suku Kuripasai, Miereh, Maerasi, Irarutu, Koiway, Oburau, Madewana dan Kuri, serta ada juga suku pendatang dari luar wilayah, seperti Buton, Jawa, Bugis dan lainnya. 

Di Kampung ini mayoritas masyarakat kristen, namun toleransi juga tinggi. Kami disambut dengan hidangan enak dan ramahnya setiap keluarga disana. Lobo begitu indah. 

Agak sedikit jauh dari sana terdapat juga Pulau tempat Burung Garuda ditemukan, namun kami tidak kesana karena kendala waktu untuk akses masuk ke dalamnya.

Setelah dari Lobo, kami melanjutkan perjalanan ke vila Bapak Bupati, menikmati lautan biru yang begitu tenang sambal minum air kelapa, dan bercanda ria dengan bapak bupati. Begitu nyaman sekali.

Pulang dari sana, malam hari tiba di Kaimana Kembali, saya dengan rekan saya korwil menuju ke lokasi persiapan Konferensi Studi Lokal dan Konferensi Cabang GMKI Cabang Kaimana. Setelah persiapan selesai kami pun beristirahat.

Keesokan harinya pada 20 Agustus 2021 kegiatan Konferensi Studi Lokal dan Konferensi Cabang GMKI Cabang Kaimana pun resmi dibuka. Dimulai dengan ibadah, upacara nasional dan upacara organisasi, serta makan siang bersama Bapak Bupati. 

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Konferensi Studi Lokal, yang mana saya sendiri juga turut membawakan materi "Ekonomi Kerakyatan". Usai selesainya kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan Pembukaan Konferensi Cabang GMKI Cabang Kaimana dengan agenda persidangannya. 

Kegiatan ini memakan waktu dua hari, dengan dinamika yang sangat membangun, hingga akhirnya terpilihlah Mandataris GMKI Cabang Kaimana Masa Bakti 2021-2023 dengan Ketua Samuel Luanmasar dan Sekretaris Sury Saragih.

Setelah itu kami pun beristirahat di penginapan. Aktivitas pun dimulai lagi pada 23 Agustus 2021, rekan-rekan mandataris terpilih dengan tim formatur merumuskan struktur fungsionaris Badan Pengurus Cabang GMKI Cabang Kaimana. 

Saya diminta untuk memberikan pemahaman kepada tim formatur. Pada 24 Agustus 2021 saya diminta untuk membawakan materi Masa Perkenalan untuk calon anggota baru GMKI Cabang Kaimana dengan materi Sejarah GMKI. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun