Mohon tunggu...
Novelin Silalahi
Novelin Silalahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Mahasiswa Studi Pascasarjana, Analisis Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kata Ayah, Minum Itu Harus Dinikmati

1 Agustus 2021   05:16 Diperbarui: 1 Agustus 2021   07:35 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anggur merah (red wine) mengandung zat besi, kalium, lutein, magnesium dan zeaxanthin yang terdapat pada senyawa karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak dan degenerasi makular yakni hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan retina tengah, juga dapat meminimalisir potensi kebutaan pada usia lanjut usia lima puluh tahun ke atas.

Konsumsi minuman keras secara berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, yang dapat beresiko lebih tinggi terhadap berbagai macam penyakit.

Ayah pernah sampaikan, bagaimanapun keadaanmu semua bisa kau selesaikan dengan baik, tanpa perlu melukai diri, menyakiti jiwa, dan melampiaskannya pada hal yang tidak baik.

Kata Ayah, minum itu harus dinikmati rasanya, setiap rasanya harus memiliki rasa syukur, pahit manisnya dapat menjadi refleksi atas kehidupan ini.

Ditulis oleh Novelin Silalahi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun