Mohon tunggu...
Novelin Silalahi
Novelin Silalahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Mahasiswa Studi Pascasarjana, Analisis Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Produktif di Masa Pandemi" Menghasilkan Uang dan Mengelola Keuangan

29 Juli 2021   13:30 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:02 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen pribadi penulis

Untuk menekan penyebaran angka virus covid-19, segala aktivitas dilakukan di rumah, dan segalanya mudah di dalam genggaman, melalui online.

Usaha online tidak membutuhkan biaya besar, tapi bukan berarti tidak membutuhkan biaya sama sekali, juga perlunya pemanfaatan internet dan smartphone atau laptop atau komputer. 

4. Fokus dan konsisten

Perlunya fokus dan konsisten untuk menjalankan bisnis, butuh usaha yang gigih dan ketekunan untuk memulai dan bertahan. Usaha online bukanlah usaha yang mudah, akan ada kemungkinan untuk mengalami rugi, ditipu, dan lainnya.

5. Memilih media jualan online yang tepat

Perlu mempertimbangkan keuntungan yang di dapat, seperti potongan biaya bagi penjual, fasilitas pengantaran, promo yang diberikan, serta rating atas marketplace.

Tidak hanya itu saja, perlu juga untuk memastikan kualitas barang terbaik, pelayanan dengan ramah, cepat dan aman, membuat nama toko yang menarik. Perlunya foto terbaik untuk ditampilkan di toko online, dengan deskripsi yang lengkap, serta review baik dari pelanggan.

Selain bisnis online, ada cara lain  untuk menghasilkan uang di masa pandemi selain usaha online, seperti menjual kemampuan seni menyanyi, membuat video, content creative, yang bisa diupdate ke youtube, blog, instagram, tiktok. Bisa juga dengan menjual karya tulisan sendiri, menciptakan lagu, membuat tulisan, menjual lukisan/foto. Dari sini juga bisa menghasilkan uang, atau kesempatan untuk menjadi pembicara atau pencapaian karir lainnya.

Apabila memiliki dasar keilmuan profesi di bidang psikolog, akuntansi, bisnis, hukum, kesehatan, dapat membuka jasa konsultasi online. Ada juga peluang untuk membuka jasa pembuatan website, pengelolaan aplikasi yang menghasilkan uang, contohnya menonton tayangan yang dapat menerima fee dari aplikasi tersebut, seperti snack video, likelt lite, dll. Bagi yang memiliki follower yang banyak dapat menjadi influencer dengan mempromosikan produk tertentu.

Tips Mengelola Keuangan selama Pandemi

1. Buat anggaran keuangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun