Mohon tunggu...
Novelia Relina
Novelia Relina Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring

12 Januari 2022   11:14 Diperbarui: 12 Januari 2022   11:19 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER

MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Oleh

Novelia Relina 

 Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

noveliarelina22@gmail.com

Abstract: Karakter adalah akhlak atau watak yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya, yang mana dapat mempengaruhi segenap perilaku, pikiran, budi pekerti, dan moral seseorang. Didalam Pendidikan krakter ini memiliki tiga fungsi utama: (1) fungsi pembentukan dan pengembangan potensi, (2) fungsi perbaikan dan penguatan, dan (3) fungsi penyaring. Melalui pembelajaran daring ini pembelajaran dilakukan dari rumah bukan pembelajaran di rumah. Hal ini yang membuat guru dan orang tua berkolaborasi dalam melaksankan pendidikan karakter anak. Yang bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan orang tua dalam menanamkan karakter rasa disiplin serta tanggung jawab dapat ditanamkan kembali dalam proses pembelajaran. Guru yang tulus mengajar dengan baik dan ikhlas menuntun para siswa yang didampingi orang tua dan keluarga untuk mampu mengukir prestasi dimasa pandemi.    

Kata kunci: karakter, Pendidikan, daring

PENDAHULUAN

Pendidikan karakter seharusnya juga didapat dari pembelajaran di sekolah, tetapi karena adanya pandemi virus covid-19 ini metode pembelajaran dilakukan dirumah dengan metode daring. 

Para pendidik harus memodifikasi rencana pembelajaran sedemikian rupa agar metode yang digunakan tepat dan dipahami oleh peserta didik. Tantangan tersebut bukan hanya terletak pada bagaimana metode untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi bagaimana pembelajaran daring tetap focus pada Pendidikan karakter. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun