Mohon tunggu...
Novel Abdul Gofur
Novel Abdul Gofur Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan di Bidang Kepemerintahan yang sudah pengalaman di sektor / isu pembangunan berkelanjutan selama 20 tahun

Lahir di Jakarta 28 Maret 1975 dan menempuh pendidikan S1 di UI Jurusan Adm Negara (FISIP) 2000, dan S2 di Makati, Phillipine, Asian Institute of Management (AIM), jurusan Development Management, 2005. Bekerja di sektor kepemerintahan untuk pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Hari Peduli Sampah Nasional

22 Februari 2020   06:37 Diperbarui: 22 Februari 2020   06:43 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dengan memperingati kejadian di TPA Leuwigajah ini, sudah seharusnya pengelolaan TPA tanpa open dumping (pembuangan di lahan terbuka) lagi. Kenyataan yang ada, masih banyak - mayoritas - kabupaten dan kota melakukan open dumping sampah di TPA.

Sumber: mongabay.co.id
Sumber: mongabay.co.id
Juga masih banyak di perumahan-perumahan, tempat umum, perkantoran, sekolah, timbunan sampah - jumlah kecil atau besar - kerap kita temukan dan lihat!

14 tahun berlalu, "rezim pengurangan sampah" yaitu kegiatan 3 R ini masih "berdiri" di tempat yang sama (posisi start / awal) seperti di tahun 2006 ...sekali lagi masih berdiri di tempat yang sama...alias tidak beranjak.

Ibarat Lomba Marathon 42 KM, saya kira, "rezim pengurangan sampah" saat ini di Indonesia, itu baru menempuh 700 meter...

Artinya, pendanaan dan program / kegiatan untuk perubahan perilaku / budaya untuk menerapkan 3 R tidak ada -- kalaupun ada, sangat dapat mudah dihitung dengan jari.

Indonesia masih belum beranjak dari "prestasinya" sebagai polutan lautan nomor 2 setelah Cina, dengan 8 juta ton pertahun sampah masuk ke lautan!

Jangan kaget yah sodara-sodara...nanti jantungan...

#WALICILIK

#WARGAPEDULIDANCINTALINGKUNGAN

#KALAUBUKANKITASIAPALAGI

#KALAUBUKANSEKARANGKAPANLAGI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun