Mohon tunggu...
Nova Yulfia
Nova Yulfia Mohon Tunggu... Content Writer

Seorang Emak Penulis yang menjadikan hobi menulis sebagai profesi.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bad Mood Bisa Hilang dengan Mengonsumsi Makan Jantung Pisang Saja

18 November 2020   00:00 Diperbarui: 19 November 2020   20:26 65 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bad Mood Bisa Hilang dengan Mengonsumsi Makan Jantung Pisang Saja
img-20201119-200601-5fb67129c6f0ba0aee49ba03.jpg

Hai Kompanianers, 

Tahu jantung pisang nggak? Menurut beberapa sumber mengatakan kalau semua bagian dari pohon pisang bisa dimanfaatkan, lho? Termasuk bagian bunga pisang atau yang lebih sering kita sebut dengan jantung pisang. Padahal ada beberapa manfaat 'mewah' lainnya bagi kesehatan dari si jantung pisang yang kerap tidak dilirik orang. Penasaran kan..
 
Bahkan kebanyakan orang bila melihat si jantung pisang ini terjatuh di tanah, malah dibiarkan hingga membusuk.  Padahal sebenarnya jantung pisang ini sangat kaya manfaat bagi kesehatan. Selain itu ketika diolah pun jantung pisang bisa menjadi masakan yang tak kalah lezatnya dari makanan yang lain. Hmm pasti lezat tuh..

Walaupun harganya murah, namun jantung pisang mengandung kaya senyawa berupa protein, serat, kalori, lemak dan karbohidrat serta vitamin A, B1, dan vitamin C. Tidak heran jika sejak zaman baheula, jantung pisang sudah digunakan untuk pengobatan alternatif yang sudah dipraktekkan di India sejak 5000 tahun silam serta digunakan sebagai pengobatan herbal.

Oh, iya, untuk menghilangkan getah dari jantung pisang supaya bisa segera dikonsumsi, Anda harus melumasi tangan dengan minyak sayur terlebih dahulu ya dan perlahan memisahkan bunganya dengan kelopak merahnya.

Nah, sekarang kita bahas yuk, apa saja sih manfaat si jantung pisang yang berwarna merah ini?

Setidaknya ada 10 manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memperbaiki suasana hati.
Kandungan magnesium yang terdapat dalam jantung pisang ini telah terbukti membantu untuk meningkatkan mood atau suasana hati dan bisa juga menurunkan tingkat stress secara alami.

2. Mengobati dan mencegah sembelit.
Sayur jantung pisang yang kaya akan serat mampu membantu mengobati sembelit dan membuat perut kenyang lebih lama sehingga menjadi salah satu menu diet sehat dan alami.

3. Membantu mengatasi diabetes.
Dari fakta yang ditemukan bahwa jantung pisang mengandung serat yang sangat tinggi, maka dari itu mengkonsumsi jantung pisang mampu mengatasi terjadinya lonjakan gula darah pada pengidap diabetes.

4. Mencegah infeksi dan peradangan.
Sama halnya seperti madu, jantung pisang memiliki anti inflamasi atau peradangan dan anti bakteri. Sangat baik bagi penderita maag, infeksi jamur, radang sendi, dan peradangan lainnya.

5. Menurunkan berat badan.
Serat yang tinggi pada jantung pisang membuat menu andalan bagi para orang yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x