Mohon tunggu...
Nova Rahma
Nova Rahma Mohon Tunggu... Lainnya - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Percayalah suatu saat nanti akan indah pada waktunya ✨

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Dampak Musik pada Pengalaman Menonton Film

27 Agustus 2023   18:23 Diperbarui: 27 Agustus 2023   18:47 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: i.pinimg.com

Sobat pecinta film, siapa di antara kita yang bisa membayangkan menonton film tanpa suara? Pastinya terasa membosankan dan kurang berkesan bukan? Musik dalam dunia sinema adalah seperti bumbu dalam masakan, maksudnya tanpanya sesuatu bisa terasa kurang.Β 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dampak mendalam yang dimiliki musik pada pengalaman menonton film, dan mengapa tanpanya, film mungkin tidak akan pernah sama.Β 

Memainkan Senti:Β Musik sebagai Penggerak Emosi

Oke, kita mulai dengan membahas mengapa musik dalam film itu penting banget. Gini, musik tuh bahasa universal emosi, guys. Coba deh bayangkan, cuma dengan beberapa nada, musik bisa bikin kita ketawa, bisa juga bikin kita nangis kayak banjir, atau malah bikin kita merinding gara-gara ngerasa gugup.Β 

Nah, sekarang bayangkan kalau film jalan tanpa diiringi dengan musik, akan terkesan kurang dalam mengambil emosi dari para penontonnya, kan? Dalam dunia film, musik ini punya peran super penting dalam menggoyangkan perasaan kita, para penonton setia.

Mengungkapkan Emosi Karakter

Di dalam film, musik itu bantu banget dalam mengungkapkan emosi karakter, lho. Gimana caranya? Coba deh bayangin, ada dua tokoh lagi asyik jatuh cinta. Nah, musik yang lembut dan romantis ikut bikin kita merasa kayak mereka. Sama halnya, ketika ada ancaman mengerikan mengintai, musik yang gelap dan mencekam itu mengubah suasana, dan kita jadi ngerasain ketegangan yang sama kayak karakter-karakter dalam cerita.

Meningkatkan Intensitas Adegan

Nah, sekarang bayangin lagi, film aksi tanpa musik saat sang protagonis lagi dalam kejaran. Ya, itu bakal jadi kayak nonton kucing tidur tanpa bulu, gak ada gregetnya. Musisinya itu kayak penyemangat, bikin adegan jadi lebih seru dan ketegangan semakin terasa. Kalo cuma lihat gambar, mungkin kita gak akan merasakan apa yang seharusnya dirasakan. Jadi, bukan cuma soundtrack biasa, musik ini adalah kekuatan magis yang bisa menghipnotis kita ke dalam cerita.


Cerita dalam Nada:Β Musik Menceritakan Lebih dari Kata-Kata

Pernahkah kamu merasa seakan musik dalam film memiliki suatu cerita sendiri? Well, itu bukan perasaan semata. Dalam dunia film, musik bukan hanya pelengkap suara atau pengisi waktu saja, ia adalah seorang narator tak terlihat yang membawa kita dalam petualangan emosional yang mendalam. Musik dapat membantu mengarahkan pemirsa ke arah yang benar, mengungkapkan misteri, dan bahkan memberi petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Meningkatkan Suspen

Misalnya, saat kita menonton film-film thriller atau misteri yang penuh ketegangan, kita sering merasa ada sesuatu yang tak terduga akan terjadi. Bagaimana itu mungkin? Jawabannya adalah musik.

Suara-suara musik yang tenang namun mengganggu menciptakan ketegangan yang membuat kita tegang di kursi. Ia layaknya pengawal setia karakter utama yang selalu menemani mereka di tengah situasi yang menakutkan. Begitu kita mendengarnya, kita merasakan perasaan ketidakpastian yang sama seperti karakter utama. Ini adalah trik jitu yang digunakan sutradara untuk menjaga kita tetap terlibat dalam cerita dan menerima sensasi dari cerita tersebut.

Identitas Karakter

Ada juga hal menarik lainnya dalam peran musik dalam film. Musik seringkali menjadi identitas karakter utama. Ya, karakter film memiliki "tema" musiknya sendiri! Bayangkan melodi yang tiba-tiba mengalun saat karakter favorit anda muncul di layar. Ini adalah cara musik membantu kita merasa lebih dekat dengan karakter-karakter tersebut.

Ketika kita mendengar melodi yang kita kenal dan asosiasikan dengan karakter, kita merasa seperti memiliki ikatan pribadi dengan mereka, seolah-olah seperti teman lama yang datang bersama musik mereka. Musik ini mengangkat karakter, memperkuat perasaan kita terhadap mereka, dan membuat kita lebih terlibat dalam cerita mereka.

Sebagai Pemandu Cerita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun