Bola

Ismed Sofiyan Pensiun Tahun Ini?

6 Desember 2018   21:43 Diperbarui: 6 Desember 2018   22:04 234 0 0

Ismed sofyan adalah salah salu legend yang ada di tim ibu kota yaitu  persija Jakarta bahkan dia salah satu penggawa timnas Indonesia pada era tahun 2000. Ismed sofyan berasal dari aceh . beliau lahira pada tanggal 28 agustus tahun 1979. Ia sejak kecil sudah sangat menggemari sepak bola. Untuk mengasa bakatnya tersebut ia masuk salah satu sekolah sepak bola yang ada di Jakarta yaitu diklat ragunan Jakarta.

Beliau posisi sebagi bek kanan, akan tetapi ia bisa bermain diberbagai posisi mana saja seperti bek sayap kiri dan gelandang tengah. Pemain yang suka mengenakan nomor punggung 14 ini dikenal memiliki tendangan bebas yang terukur dan umpan silang yang akurat tidak hanya itu saja ismed juga memiliki julukan dari para supporter persija yaitu the jak mania dia di juluki sebagai macanya persija .
Ismed mengawali karier seniornya untuk pertama kalinya bersama tim PSBL Langsa, Aceh. Setelah itu ia pindah ke tim Persiraja Banda Aceh. Ismed hanya satu musim bersama berseragam Persiraja, lalu ia hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan Persijatim. Tak lama di persijatim ismed di rekrut oleh  tim kebanggaan Ibukota yaitu  Persija Jakarta pada tahun 2003.
Seiring denganya berjalan waktu , Ismed kerap kali dipanggil untuk bergabung dengan Timnas mulai dari Indonesia U-18, Indonesia U-19, Indonesia U-23,hingga Timnas senior.
Ia kerap kali tersulut dan emosinya meledak-ledak setiap kali bertanding. Setelah ia ditunjuk menjadi Kapten tim Persija menggantikan bambang pamungkas pada saat bambang pindah ke tim asal bandung yaitu pelita bandung raya, kini ia terlihat lebih dewasa dan menjadi panutan pemain muda Bahkan Ismed bisa dibilang cukup setia memperkuat suatu klub. Ismed memperkuat Persija sejak tahun 2003. Ia sudah bertahan hampir 14 tahun hingga 2017. Meski usianya masuk 38 tahun, ia masih dipercaya untuk menjadi pemain utama dan kapten tim.

Akan tetapi pada tahun ini dia mengisyaratkan buat pensiun dalam sepak bola Indonesia apabila iya berhasil menjuari liga 1 bersama tim ibu kota yaitu persija Jakarta. Beliau dan rekan setimnya yang sudah bermain bersama dengan dia sejak lama yaitu bambang pamungkas.