Mohon tunggu...
Nova Andriyanto
Nova Andriyanto Mohon Tunggu... menulis

menulis adalah seni dalam hidupku.

Selanjutnya

Tutup

Media

5 Contoh Pelanggaran Iklan Luar Griya di Sekitar Kita

16 April 2021   16:31 Diperbarui: 16 April 2021   17:59 97 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Contoh Pelanggaran Iklan Luar Griya di Sekitar Kita
dokumen pribadi

Kita seringkali menjumpai iklan di sekitar kita, baik itu di majalah, Koran, sosial media maupun di jalanan. Sesuai dengan KBBI, iklan memiliki arti sebuah berita pesanan yang dengan sengaja dibuat untuk dapat mendorong atau membujuk orang-orang yang melihat agar dapat tergiur dan tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan melalui iklan tersebut.

Ada bermacam macam jenis iklan, yang paling sering kita temui adalah jenis iklan luar ruangan, seperti spanduk, baliho, pamphlet dan billboard. Untuk dapat memasang Iklan ruangan seperti itu ternyata terdapat sederet aturan yang harus dipatuhi. Aturan-aturan tersebut tercantum di dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI).  Namun sayangnya masih banyak oknum yang memasang iklan tanpa memperdulikan peraturan atau etika beriklan. Berikut ini merupakan 5 contoh pelanggaran  iklan luar ruangan:

dokumen pribadi
dokumen pribadi
1. Iklan yang berada di salah satu bangunan rumah warga di desa Moyudan ini menyalahi aturan EPI yang ada di pasal nomor 4.4.2 mengenai aturan Media Luar-Griya, pada pasal tersebut menyatakan Iklan wajib menghormati dan menjaga bangunan atau lingkungan yang dipelihara. Dapat dilihat dengan jelas bahwasannya iklan-iklan tersebut melanggar karena ditempel sembarangan dengan jumlah yang cukup banyak di tembok bangunan milik warga.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
2. Iklan Kredit yang dipasang di pohon berada di jl. Seyegan-Godean. Iklan kredit yang dipasang di pohon tersebut melanggar pasal  EPI nomor 4.5.2 yang berbunyi “wajib menghormati dan menjaga kualitas bangunan atau lingkungan sekitar”. Iklan tersebut melanggar karena dipasang dipohon yang dapat merusak lingkungan.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
3. Iklan pengobatan Batara yang dipasang di tiang listrik berada di jl. Kebonagung. Iklan pengobatan Batara tersebut melanggar pasal EPI nomor 4.4.1 yang berbunyi “hanya dapat dipasang pada lokasi atau tempat yang telah memperoleh ijin dari pihak yang berwenang”. Iklan tersebut melanggar karena dipasang ditempat yang tidak seharusnya.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
4. Iklan rokok Aroma yang berada di tengah jl. Seyegan-Godean.  Iklan yang dipasang di atas jalan raya  ini  melanggar pasal EPI nomor 4.5.5 yang berbunyi “bahwa iklan luar griya tidak boleh menganggu pandangan pelalu lintas”. Iklan rokok tersebut melanggar karena dipasang ditengah jalan yang bisa menganggu pandangan pelalu lintas karena efek silau yang ditimbulkan banner.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
5. Iklan ini berada disekitar jl. Seyegan-Godean, iklan ini merupakan contoh pelanggaran EPI pasal 4.4.6 yang mengharuskan bidang iklan harus tampil harmonis secara fisik maupun estetika, terhadap bangunan, lingkungan atau kota. Iklan ini juga berpotensi melanggar pasal 4.4.5 dikarenakan pemasangannya di pinggir jalan umum dan menggunakan material yang kurang kokoh sehingga tidak layak untuk didirikan dan bahkan memiliki potensi untuk membahayakan pengendara motor atau mobil yang lewat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x