Mohon tunggu...
Nova Andriyanto
Nova Andriyanto Mohon Tunggu... menulis

menulis adalah seni dalam hidupku.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjaga Etika Ketika Kuliah Online

14 Maret 2021   23:01 Diperbarui: 14 Maret 2021   23:54 156 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjaga Etika Ketika Kuliah Online
olahan pribadi

Pandemic Covid-19 yang tak kunjung hilang membuat pembelajaran diruang kelas semakin dirindukan. Kebijakan telah dibuat pemerintah agar menemui sebagaimana baiknya. Kebijakan pemerintah yang cukup efektif dalam menahan laju penyebaran Covid-19 dengan melakukan pembelajaran yang dilakukan secara daring (online). Terkait hal itu mahasiswa memiliki pro dan kontra sesuai idealisme nya masing-masing. Mahasiswa yang pro dengan kebijakan kuliah daring menganggap kuliah daring sangat tepat dilakukan karena kondisi pandemic Covid-19 yang penyebarannya begitu mudah. Anggapan mahasiswa yang kontra dengan kebijakan  kuliah daring mereka menyayangkan hal tersebut dikarenakan susah memahami materi yang diberikan dosen ditambah tidak semua mahasiswa mudah dalam mengakses internet.

Kuliah daring mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Kelebihan kuliah daring mahasiswa dimudahkan dengan adanya platform seperti zoom, google meet, google classroom, situs pembelajaran universitas, dan lain-lain. Dengan adanya platform tersebut, dosen dan mahasiswa tetap dapat berinteraksi satu sama lain layaknya kuliah secara tatap muka atau offline. Kemudian melalui kuliah daring, dosen tetap bisa untuk memberikan tugas dan materi pembelajaran. Mahasiswa pun dapat menjawab atau mengumpulkan tugas dengan hanya mengirim dokumen ataupun interaksi secara online. Waktu pembelajaran pun menjadi lebih fleksibel tanpa harus mendapat kendala terkait tempat.

Sedangkan kekurangan kuliah daring tidak semua daerah mahasiswa dapat mengakses internet dengan mudah, mereka harus bersusah payah mencari sinyal agar bisa mengikuti kuliah dengan lancar seperti mahasiswa lainnya. Tak hanya itu mahasiswa juga sering bermalas-malasan untuk mengikuti kelas dan cenderung menyepelekan. Etika mahasiswa saat kuliah online juga tidak dapat dipantau secara langsung oleh dosen dikarenakan mahasiswa lebih nyaman mematikan kamera mereka. Banyak juga mahasiswa yang tidak peduli dengan materi yang diberikan dosen dan memilih tidur. Padahal etika sangat penting dimiliki oleh mahasiswa, etika yang baik membuat mereka mudah diterima dimana saja.

Etika tidak hanya dilakukan ketika sedang kuliah offline saja, namun ketika kuliah online pun beretika wajib kita lakukan. Tanamkan etika pada diri kita dimanapun dan oleh siapapun, offline maupun online. 4 point beretika yang perlu di ingat saat kuliah online ini harus kita jalankan sebagaimana mestinya, diantaranya:

  • Mendengarkan Dosen dengan Fokus dan Sikap yang Baik 

Etika yang pertama ketika mengikuti kuliah daring yaitu dengan mendengarkan dosen yang sedang memberikan materi dengan fokus dan sikap yang baik. Namun, acap kali mahasiswa dengan sengaja mendengarkan sambil tiduran dan membuka aplikasi lain. walaupun tak semua mahasiswa melakukannya.

  • Menghidupkan kamera ketika kuliah daring

Sudah seharusnya mahasiswa menyalakan kamera saat perkuliahan daring. Menyalakan fitur kamera kita, merupakan salah satu upaya terkecil untuk menghargai dosen yang sedang menyampaikan materi, ini dilakukan agar dosen atau pembicara dapat merasa disimak atau didengarkan. Menjadi kurang etis rasanya jika ketika dosen sedang menjelaskan, kemudian kita malah mematikan kamera, situasi seperti  ini akan membuat canggung si pembicara.

  • Berpakaian Sopan dan Rapi saat Kuliah Daring

Berpakaian sopan dan rapi tidak hanya dilakukan saat perkuliahan offline saja, namun saat kuliah daring seperti saat inipun kita perlu untuk menggunakan pakaian yang rapi. Hal ini menunjukkan kesiapan kita untuk menerima materi dari dosen.

  • Mengikuti kuliah online tidak sambil makan atau berpergian

Saat berlangsungnya kuliah online mahasiswa diharuskan dalam keadaan siap untuk menerima materi, akan menjadi tidak sopan jika, mahasiswa malah asyik makan atau kelamaan minum didepan kamera. Kemudian carilah tempat yang nyaman untuk kuliah, pastikan tempatnya menetap atau tidak sedang berjalan maupun didalam kendaraan. Kuliah online membutuhkan konsentrasi dan sinyal yang baik, sehingga sudah seharusnya mahasiswa menghindari tempat-tempat yang berisik atau yang menganggu aktivitas kuliah.

            Beretika harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pandemic Covid-19 yang tak kunjung hilang dan mengharuskan beberapa aktivitas dilakukan secara online seperti kuliah misalnya, etika tetap harus kita terapkan agar dapat diterima dan dihormati dengan baik oleh orang lain.

Nova Andriyanto, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

VIDEO PILIHAN