Mohon tunggu...
Nova nurcahya
Nova nurcahya Mohon Tunggu... Publikasi kknt

Mahasiswa unipma

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNIPMA Ikut Serta dalam Relawan Covid-19 Nasional (RECON) pada Program KKN-T Literasi dan Numerasi

2 Oktober 2020   06:33 Diperbarui: 2 Oktober 2020   07:19 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNIPMA Ikut Serta dalam Relawan Covid-19 Nasional (RECON) pada Program KKN-T Literasi dan Numerasi
Dok. pribadi


Madiun,02 Oktober 2020. Menindaklanjuti program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud dalam penanganan COVID-19 melalui program Relawan Covid-19 Nasional (RECON) dan sebagai implementasi Tridharma perguruan tinggi melalui kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Ditjen Dikti Kemendikbud berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan dengan dukungan dari berbagai stakeholders, menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang terkait dengan Covid-19.

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun untuk melakukan KKN Tematik Literasi dan Numerasi ditengah COVID-19 sebagai upaya pembekalan Mahasiswa dalam pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi.

KKNT Literasi Mahasiswa dilaksanakan pada Kecamatan Pilangkenceng, salah satunya pada SD Purworejo 01, Kecamatan Pilangkeceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Selama pelaksanaanya dilakukan secara luring dengan memperhatikan keamanan dan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tidak hanya memperhatikan protokol kesehatan tetapi KKN Tematik Literasi dan Numerasi yang dilakukan pada daerah sasaran Dikti dengan Mahasiswa yang berdomisili terdekat tentunya dengan tingkat penyebaran covid-19 yang sangat sedikit dan aman untuk Mahasiswa melakukan KKN secara luring.

Dibekali dengan kemampuan mengajar dan bersosialisasi mahasiswa diharapkan mampu untuk memberikan edukasi dan pemahaman konsep kepada peserta didik mengenai pentingnya cuci tangan yang baik dan benar, menjaga jarak serta pendampingan guru terkait administrasi. Mahasiswa Unipma juga memberikan modul pembelajaran sebagai pendamping kegiatan belajar siswa.

“ Dari kegiatan ini diharapkan guru bisa terbantu untuk menyelesaikan tugas administrasi sekolah dan murid bisa lebih mudah melakukan sekolah yang dilaksanakan dengan daring”  Ungkap Diah ayu Mahasiswi KKNT literasi dan numerasi.
Program KKNT Literasi dan Numerasi juga membuat sasaran pendampingan administrasi sekolah oleh Mahasiswa UNIPMA diadakan pada 24 agustus 2020 dan di selesaikan pada tanggal 24 September 2020.

VIDEO PILIHAN