Mohon tunggu...
Muhamad Nour
Muhamad Nour Mohon Tunggu... Love traveling

Paguntaka

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerimaan PPDB Online dengan Google Map

17 Juni 2019   10:06 Diperbarui: 17 Juni 2019   10:21 0 1 0 Mohon Tunggu...

Pak Menteri Muhahir,

Tidak perlu pakai YTH atau bahkan yang Mulia, karena anda menteri paling rese di negeri ini

Gini bro,

Langsung saja, kau ini bikin kebijakan kalo saya analogikan, seperti jalan rusak di kampung ku, di propinsi Kalimantan Utara atau jalan tol Cikampek - Bekasi, semrawut ntah kapan beresnya dari tahun ke tahun. Kemarin bro, saya dari Semarang ke Cirebon hanya dua jam, eh Cikampek ke Bekasi dari jam 3 sore sampai rumah jam 21.00, 6 jam!.

Ibaratnya, elu bikin Peraturan Menteri PPDB gampang banget seperti jalan tol, tapi elu dan tim tu terengah-engah implementasinya di daerah, mirip tol Cikampek - Bekasi, semrawut. 

Ntah laporan dari anak buah lu yang ABS, asal bapak senang, atau elu yang jarang memantau kondisi riil lapangan. PPDB lu di kampung ku, sekolah terima murid dengan google map!!! Padahal belajarnya setengah mati, hape anak disita agar belajar. Hasilnya, tetap aja si anak tak dapat sekolah negeri. Nah, supaya pas dengan lokasi sekolah dan google map, banyak orang meminjamkan anaknya ke kartu keluarga orang dan rumahnya diangkat pakai tim Avengers.

2 tahun lalu, saya harus bayar setara dengan motor Honda ke oknum sekolah, baru 1 ortu lho bro. Baru 1 ortu, hitung aja kalo 100 ortu, bisa dapat mobil Nissan Expander 3 unit!. Koq bisa bayar? Jangan sok lah kau pura2 tanya, Muhajir, saya ini tulen Indonesia, asli Kalimantan, KTP Bandung, kantor di Jakarta, rumah di Tangerang Selatan.

Zonasi itu tak cuma bikin sengsara orang kayak kami, tapi orang yang tinggal disamping tembok sekolah. Bersyukur akhirnya anak2 saya bisa dapat sekolah swasta yang bagus, walau harus bayar lumayan berkeringat, setara dengan rata2 security perumahan. Mudah2an elu mau kontribusi bayar sekolah anak gue. Tiap bulan.

Belum lagi para guru tidak diberikan kehidupan, status dan kemampuan yang layak, mereka harus kerja double untuk bayar sewa rumah. Zonasi itu ada positifnya, cuma pengawasan dan juknis nya harus benar dan mengakomodasi kebutuhan lokal, karena tiap daerah di Indonesia ini, ada kekhasannya.

Elu tu profesor, sebaik-baik kemewahan pengetahuan mu digunakan untuk tujuan perbaikan peradaban manusia, bukan bikin sengsara manusia.

PPDB ONLINE? PLEASE DEH