Mohon tunggu...
Naurah Nazhifah Azzahra
Naurah Nazhifah Azzahra Mohon Tunggu... Nau!

A human who learning to be human and humanize human.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Resensi Buku The Life -Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

23 Mei 2020   03:40 Diperbarui: 27 Mei 2020   00:38 89 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku The Life -Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo
ncbffn-5ec83e4fd541df1ace3a6485.png

Judul                      : The Life-Changing Magic of Tidying Up 

Judul Asli             : Jinsei Ga Tokimeku Katazuke No Maho

Penulis                  : Marie Kondo

Penerjemah         : Reni Indardini

Penerbit                : Bentang Pustaka

Tahun Terbit       : 2017

Tempat Terbit     : Jakarta

Tebal                       : 260 halaman

Berada di suatu sudut kafe sambil menikmati secangkir kopi espresso mungkin menjadi momen yang begitu dirindukan oleh beberapa orang seperti saya. Memasuki bulan ketiga dari ‘Stay at Home’ tak semerta membuat diri merasa nyaman selayaknya anugerah libur panjang yang biasa kita dapatkan pada masa sebelum pandemi.

Berbicara soal kebosanan kita menjalankan rutinitas harian, ternyata sangat ditentukan oleh keadaan lingkungan sekitar, lho!  Bukan, bukan maksud saya menyalahkan lingkungan atas nama kedamaian diri, atau menyalahkan kehadiran Mbak Corona ini. Tetapi salah satu Pakar Psikologi, Regina Leeds dalam buku terlaris-nya, One Year to an Organized Life, menyebutkan bahwa beres-beres rumah dapat meningkatkan self-esteem sekaligus menghemat energi. Otomatis, siapapun itu akan lebih mudah membuka diri pada perubahan dan tantangan, serta berpeluang besar mencapai potensi terbaik dari diri mereka.

Tepat tahun 2015 lalu, ada seorang Profesional Organizing Consultant yang mengemukakan sebuah metode beres-beres rumah dengan sederhana. Ialah Marie Kondo, penemu Metode Konmari. Metode ini merupakan salah satu bentuk konkret dari penerapan filosofi hidup Minimalisme. Sejauh perjalanannya, buku ini tidak menuai kontroversi apapun karena pembaca diajak berdialog dan dimbing tanpa ada kesan menggurui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN