Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Memaknai Musik dalam Bulan Suci Ramadhan

15 April 2021   15:30 Diperbarui: 15 April 2021   15:44 185 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memaknai Musik dalam Bulan Suci Ramadhan
Foto dari vidio.com


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

Seberapa penting musik dalam kehidupan Anda? Suasana bulan suci Ramadan tentunya fokus dengan ibadah dan menjalankan anjuran syariat Agama Islam. Namun perlu mengatur juga untuk mendengarkan musik baik bernyanyi sendiri atau mendengar orang lain yang sedang bernyanyi.

Puasa mendengar musik bagian kegiatan kebaikan karena setiap lagu yang dinyanyikan membawa makna dalam kehidupan manusia. Artinya berbagai macam jenis musik yang Anda dengar, tentunya mempunyai makna yang berbeda-beda, seperti jenis musik dan lagu religi, pop, rock, dangdut, keroncong, reggae koplo, dan lain sebagainya.

Keindahan setiap kata dan kalimat yang dinyanyikan yang membawa makna yang mendalam  bagi setiap penikmat lagunya. Tentunya dalam hal ini, penggemar musik yang mencintai musik baik dari artis sebagai penyanyi atau memang lagunya juga bagus, ini tergantung individu masing-masing untuk memilih jenis musik dan lagunya juga.

Bulan suci Ramadan tentunya menjalani ibadah puasa, akan lebih lengkap dan mewarnai kehidupan dalam mendengarkan musik baik melalui televisi yang sedang di rumah, mendengarkan musik dalam kendaraan, tempat pusat pembelanjaan, tempat umum, dan tempat-tempat tertentu. Dalam hal ini berhubungan dengan kebaikan di setiap kehidupan manusia baik sehari-hari maupun kehidupan yang akan datang.

Seni musik dalam kehidupan bulan puasa mempunyai tujuan sebagai penyejuk hati dan ketenangan pikiran, hiburan untuk membuat hati dan pikiran merasa terbawa suasana nyanyian lagu tersebut. Seolah-olah mengajak diri kita semua merasuk setiap lirik dan bait lagu serta iramanya yang akan melayang di udara.

Nah, sekarang akan diuraikan lagu yang berhubungan dalam situasi bulan ramadan terutama lagu-lagu religi, bukan suatu pilihan namun kebetulan judul lagunya bertepatan dengan situasi saat ini.

Sebagai gambaran saja lagu religi yang berjudul "Ramadan datang" yang dinyanyikan oleh Tompi, bisa diterjemahkan dalam kehidupan di bulan puasa yang penuh berkah. Sekarang akan diterjemahkan berdasarkan analisa dan pengalaman penulis, berikut uraiannya :

"Ramadan datang alam pun riang"
"Menyambut bulan yang berkah"
"Umat berdendang kumandang azan"
"Pertanda hati yang senang"

Dalam penjelasan kehidupan puasa adalah lingkungan sekitar ikut merasakan bulan yang penuh berkah yang di rasakan oleh umat muslim terutama saat mendengar suara adzan tentunya membuat hati senang baik saat buka puasa maupun melaksanakan makan sahur.

"Sebulan kita 'kan berpuasa"
"Melawan lapar dahaga"
"Kalahkan nafsu rayuan setan"
"Menjadi insan yang takwa"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN