Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PKM Dosen Unpam, Pembuatan Hand Sanitizer UMKM Desa Cicalengka Tangerang

22 Maret 2021   08:07 Diperbarui: 22 Maret 2021   08:15 500 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS (Dosen Universitas Pamulang)

Hari Minggu 21 Maret Tahun 2021, Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di lokasi kantor kepala Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Sebelum melaksanakan PKM, bersama rekan dosen mengatur konsep pelaksanaan PKM seperti materi, rundown acara, spanduk, konsumsi, masyarakat cicalengka, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya.

Melanjutkan koordinasi dengan Bapak Absor, Spd.i (Kepala Desa Cicalengka) dan Bapak Ahyani, S.E,M.M (Dosen UNPAM) sebagai penghubung warga masyarakat lingkungan sekitar, berlangsungnya acara pengabdian kepada masyarakat.

Bersama rekan dosen dan dibantu oleh mahasiswa dan mahasiswi, dalam mempersiapkan tempat pelaksanaan terutama untuk masyarakat Desa Cicalengka seperti konsumsi dan lain sebagainya.

dokpri
dokpri
Perwakilan sambutan oleh Dosen senior Bapak Faisal SE.MM, mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan warga masyarakat Cicalengka setempat dengan keramahannya menyambut tim PKM dosen Universitas Pamulang, semoga ke depan bisa bekerja sama yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Kemudian kegiatan PKM pembukaan oleh Bapak Absor S.pd.i (Kepala Desa Cicalengka), memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para dosen dan mahasiswa UNPAM, memberikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat Cicalengka.

Lanjut ungkap Bapak Ansor, harapan kedepan bagaimana bisa menciptakan UMKM masyarakat Cicalengka untuk berkembang seperti hasil tani, memfungsikan mesin jahit yang sudah tersedia, dan lain sebagainya. Atas dukungan dan support membuat tim PKM, akan mengatur rencana dalam pelaksanaan PKM periode berikutnya.

dokpri
dokpri
Kemudian, penulisan menyampaikan materi sebagai perwakilan kelompok dan rekan dosen yang lainnya. Artinya untuk menjelaskan tujuan kegiatan PKM dan materi yang disampaikan kepada masyarakat Cicalengka.

Materi yang di sampaikan adalah bagaimana cara membuat Hand sanitizer ditengah pandemi virus Corona, hal ini bisa mendorong UMKM dan peran masyarakat untuk membantu konomi atau penghasilan bagi warga masyarakat Cicalengka.

dokpri
dokpri
Hand sanitizer bagian penting yang menjadi kebutuhan masyarakat lainnya, sehingga tujuan pembuatan hand sanitizer ini untuk kemandirian dalam menerapkan UMKM. Keberhasilan dari kegiatan PKM, mampu menerima materi yang disampaikan dan diterapkan untuk keseluruhan masyarakat Cicalengka yang ikut PKM tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan