Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

24 Sikap Penting Dimiliki Dosen

16 Maret 2021   13:12 Diperbarui: 16 Maret 2021   13:22 114 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
24 Sikap Penting Dimiliki Dosen
Photo katarizon.blogsopt.com dan Photo ainamulyana.blogspot.com



Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

Profesi dosen adalah profesi yang mulia dan membanggakan. Setiap orang menginginkan menjadi seorang dosen, namun tidak mudah juga untuk didapatkan artinya walaupun sudah mendapatkan gelar pendidikan S2 (Strata-2) belum tentukan ada peluang untuk mengajar, pendidikan tidak linear, belum ada waktu untuk mengajar, mau menjadi dosen namun belum selesai pendidikan S1 dan S2, dan lain sebagainya.

Seorang dosen bagian penting untuk mencerdaskan anak bangsa terutama memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang usianya diperkirakan 18 Tahun keatas. Maksudnya bisa dikategorikan akan beranjak dewasa yang cara pembelajaran tentu berbeda saat di bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Dalam kegiatan proses belajar mengajar seorang dosen penting memiliki sikap. Penjelasan sikap disini untuk menampilkan sosok dosen mempunyai integritas yang bernilai dalam berinteraksi kepada mahasiswa dan mahasiswi. Menurut "Kotler (2007. P.65) bahwa sikap adalah evaluasi, perasaan dan kecenderungan secara konsisten menyukai atau tidak menyukai suatu objek".

Berdasarkan dari teori "Kotler" menguraikan dan menganalisa apa yang menjadi teori dan mengabungkan teori dari buku "Didik Januari, S.PD.I dan Murtafi'atun, A.Md,S.S" yang berjudul Trik A-Z menjadi guru kreatif dirindui dan dicintai murid.

Dengan demikian, dari teori dan isi buku yang diuraikan diatas, penulis mencoba menterjemahkan berdasarkan pengalaman dan analisa menjadi seorang dosen. Selanjutnya akan disampaikan 24 sikap penting dimiliki dosen, berikut uraiannya :

1.Dosen Berperilaku Baik :

Seorang dosen harus bisa menjadi contoh atau role model bagi mahasiswa dan mahasiswi. Dosen itu penting untuk selalu memperbaiki perilakunya, pada saat dalam kelas, menyampaikan materi, sedang duduk, sedang berdiri, sedang jalan, sedang makan, dan lain sebagainya.

Perilaku dosen menjadi pondasi seorang dosen dalam menjalani profesinya, seperti pepatah yang sering didengar "guru kencing berdiri, murid kencing berdiri" artinya dalam segala kekurangan atau keterbatasan hendaklah dosen mempunyai perilaku yang baik terutama dihadapan mahasiswa dan mahasiswinya.


2.Dosen Ramah :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan