Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Novel

Siapa Saya - Part 16

12 Januari 2021   08:50 Diperbarui: 12 Januari 2021   08:51 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Saya - Part 16
kolase -- ilustrasi pribadi | photo 17sekians.com, blog.tempo.co dan photo katadata.co.id


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

"Nikmati Malam Tahun Baru & Awal Tahun Baru Bersama Istri dan Anak"

Kisah : Awal Tahun 2020 dan Akhir Tahun 2020, dan Awal Tahun 2021 :

Cerita ini kelanjutan dari akhir tahun 2016, awal tahun 2017, akhir tahun 2017, awal tahun 2018, akhir tahun 2018, awal tahun 2019, akhir tahun 2019. Cerita tersebut berada di bagian "Part 12 dan Part 14" Masih menceritakan bersama istri dan anak nikmati suasana malam tahun dan mengawali kegiatan tahun baru, hal menjadi seni kehidupan karena setiap tahun melakukan aktifitas hidup dan kisah yang berbeda-beda.

Kemudian dari aktifitas yang berbeda setiap malam tahun baru dan mengawali aktifitas tahun, tentunya insan manusia menyambut kebahagian dengan pikiran, hati, dan perasaan. Berharap akan perubahan yang lebih baik terutama  dalam pekerjaan, ekonomi keluarga, keluarga yang harmonis, dan lain sebagainya. Adapun harapan yang lainya, ingin menikah, ingin mempunyai keturunan, anak masuk sekolah, tempat tinggal yang mewah, membeli kendaraan yang baru, bisa menabung dan bebas dari hutang, bisa nikmati jalan-jalan keluar kota, dan lain sebagainya.

Selanjutnya saya akan menceritakan kisah perjalanan hidup di masa malam tahun baru dan awal tahun, Awal tahun baru 2020, Akhir tahun 2020 atau malam tahun baru 2021, dan awal tahun 2021. Dengan perjalanan kisah sebagai berikut :

1.Awal tahun 2020 (Jalan-jalan Aeon Mall) :

Rencana awal ingin menikmati wisata Taman mini Indonesia indah (TMII), setelah perjalanan dari kontrakan melintasi jalan pondok cabe,ternyata mengalami Kemacetan yang disebakan kebanjiran. Jalan utama tidak bisa dilewati, sehingga kendaraan melalui jalan-jalan pintas lainnya. Melihat kondisi macet akhirnya putar balik dan mencari alternatif jalan lain, lalu akhirnya jalan menuju ke Aeon Mall.

Kebetulan di perjalanan tersebut bersama saudara satu kampung dengan menggunakan dua kendaraan, satu kendaraan calya hitam saya bersama istri dan anak sedangkan kendaraan yang satunya X-Over Saudara Boing hamka, Dede dermadi bersama istri dan anaknya juga. Melanjutkan perjalanan ke Aeon Mall melintasi jalan belakang Pamulang dengan kondisi lancar dan tidak mengalami kebanjiran, sehingga tidak menggantung aktifitas mobilisasi masyarakat yang akan menikmati tahun baru.

Setelah tiba di Aeon Mall, jalan-jalan menikmati band dan  musik dan melihat pengunjung wara-wiri dan begitu ramainya orang yang berada dalam Aeon Mall tersebut. Saya bersama saudara dari kampung tersebut mencari tempat makan di lokasi food court lantai paling atas Aeon Mall. Dilanjutkan dengan photo dan nikmati kebetulan di tengah Aeon Mall disediakan panggung, selain tempat berphoto pengunjung lain menikmati romantika kehidupan melalui musik yang di selenggarakan oleh manajemen Aeon Mall.

2.Akhir tahun 2020 dan malam tahun baru 2021 (Bakar-bakar Bersama tetangga) :

Siang harinya istri sudah sibuk mencari jagung dan arang, karena hasil diskusi ibu-ibu tetangga kontrakan, bahwa masing-masing perwakilan keluarga dapat tugas membeli, untuk segala persiapan malam tahun baru seperti, beli ikan, ayam, jagung, sosis, beras, persiapan masak sambel, daun pisang, alat untuk bakar, dan lain sebagainya.

Setelah habis magrib, om Doni tetangga sebelah sudah mempersiapkan tempat bakar dan berikutnya sumbu apinya sudah di nyalakan. Kemudian bakar-bakar sudah di mulai jam 20.00 wib walaupun situasi hujan gerimis bakar ayam, ikan dan lainya tetap dilanjutkan sampai dengan semua yang di bakar siap di santap kan.

Kemudian dilanjutkan makan bersama dengan cara "Ngeliwet" makan bersama di atas daun pohon pisang, sembari berbincang dengan keseruan makan bersama terlihat kekeluargaan dan kekompakan bersama tetangga. Nasi dan lauk-pauk nya terlihat sedikit sekali namun setelah di nikmati makan bersama, justru makanan tersebut bisa kasih tetangga lainnya. Itu seni dan nilai budaya kebersamaan terlihat sedikit namun faktanya bisa dibagikan kembali.

Sementara menunggu nasi turun ke perut, acara santai ngobrol bersama tetangga dengan menikmati jagung rebus dan sosis bakar. Karena kondisi sudah kenyang dan bawaannya ngantuk akhirnya obrolan tidak sampai dengan waktu jam 00.00 wib.

3.Awal Tahun Baru (Jalan-jalan Ke Trans Mall Cibubur dan Kampung China) :

Setelah sholat Jum,at istri dan anak mengajak jalan ke Trans Mall cibubur, di perjalanan harapan yang mulia semoga awal tahun 2021 diberikan kemudahan dan kelancaran dalam semua kegiatan kehidupan sehari-hari serta dimudahkan rezeki, panjang umur, cepat beli rumah baru, bebas dari hutang, dan do,a lainya.

Selanjutnya setiba di Trans Mall Cibubur, situasi sangat ramai arus pengunjung juga meriah walaupun ditengah pendemi virus corona setiap pengunjung mengikuti aturan protokol kesehatan. Artinya tetap peduli terhadap dengan situasi kondisi virus corona.

Kemudian setalah satu jam dalam mall, si kecil minta dibeliin es krim lalu saya bersama istri menuju ke "AW" selain es krim saya bersama istri,memesankan makanan dan minuman juga seperti es cokelat, es lemon tea, kentang goreng,dan ayam goreng. Si kecil terlihat lapar akhirnya ayam goreng minta di tambah lagi,ikut senang melihat si kecil bisa nambah makan ayam goreng. Setalah makan tidak lupa dengan mendokumentasi kegiatan di depan Studio Transmart.

Pulang dari Transmart melanjutkan ke tempat wisata kampung china Cibubur, situasi dan kondisi di wisata tersebut pengunjung tidak begitu ramai seperti biasanya. Artinya sebelum pandemi virus corona tempat ramai di datangi pengunjung, dari sisi lain untuk bangunan sangat kotor dan tidak ada perawatan. Membuat yang berkunjung tidak nyaman melihat kondisi bangunan tersbut, kemudian si kecil dengan istri menikmati dengan photo di kawasan wisata tersebut.

Dari uraian di atas dapat diberikan kesimpulan, dengan kegiatan sebagai berikut :

1.Jalan-jalan ke Aeon Mall tahun baru 2020 bersama saudara satu kampung Boing hamka dan Dede dermadi serta di ikuti istri dan anaknya.
2.Acara bakar-bakar akhir tahun 2020 dan malam tahun baru 2021 bersama tetangga kontrakan.
3.Jalan-jalan ke Trans Mall dan ketempat wisata kampung China Cibubur.

Perubahan tahun baru menjadi harapan manusia untuk ada perubahan dari berbagai aspek yang menjadi kepentingan dan kebutuhan setiap individu manusia itu sendiri.

Semoga bermanfaat dari kisah perjalan hidup dalam waktu perubahan akhir tahun dan awal tahun baru.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x