Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ajang Sensasi Cari Posisi untuk Struktur Organisasi?

7 Januari 2021   20:57 Diperbarui: 7 Januari 2021   21:11 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
photo www.kajianpustaka.com dan photo studylibid.com


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

Struktur organisasi adalah susunan posisi atau jabatan baik pimpinan organisasi sampai dengan karyawan. Unsur yang tersusun dalam bagan struktur organisasi untuk menentukan pekerjaan dari masing-masing aktivitas yang akan di kerjakan. Kedudukan struktur organisasi berfungsi untuk pembagian ke dalam hak dan kewajiban karyawan. Artinya agar pembagian tugas dan tanggung jawab yang diberikan sesuai dengan jabatan dalam organisasi tersebut. 

Struktur organisasi tentu mempunyai tujuan agar setiap unsur yang terkandung dalam perusahaan berjalan maksimal. Sehingga aktifitas atau kegiatan karyawan berjalan secara efektif dan efesien, terutama dalam memberikan tugas kepada bawahan berdasarkan prosedur dari pimpinan organisasi. Menjadi peran pimpinan dalam memberikan tugas sesuai ruang lingkup pekerjaan anak buahnya, sehingga tidak ada tugas yang tumpang tindih atau diberikan tugas secara adil dengan target yang ditentukan oleh pimpinan organisasi.

Setiap perusahaan mempunyai struktur organisasi, artinya untuk menentukan semua kegiatan dan aktifitas perusahaan dapat di pertanggung jawabkan. 

Seperti peraturan perusahaan, tujuan perusahaan, target perusahaan, budaya perusahaan, dan lain sebagainya. Sehingga kegiatan tersebut menjadi peran penting untuk di laksanakan berdasarkan yang ada dalam bagan struktur organisasi.

Peran dalam struktur organisasi sangat menentukan kesuksesan perusahaan tersebut, karena setiap tugas dan tanggung jawab menjadi keterkaitan terutama dalam menerapkan apa yang menjadi keputusan pimpinan organisasi. Artinya ini dituangkan dalam tugas dan tanggung jawab seperti :

1.Tugas dan tanggung jawab Direktur utama, CEO (Chief Executive Officer) atau President direktur adalah membuat kebijakan perusahaan, visi dan misi perusahaan, membuat anggaran perusahaan, memimpin dan melakukan pengawasan serta menetapkan tugas yang akan diberikan kepada direktur, manajer, supervisi dan karyawan.

2.Tugas dan tanggung jawab direktur (Personalia, Keuangan, dan Operasional) adalah implementasi dari uraian tugas direktur utama terutama kebijakan perusahaan, visi dan misi, dan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang.

3.Tugas dan tanggung jawab General manager atau manager (Operasional, HRD, dan Pemasaran)  adalah membuat perencanaan untuk rekrutmen karyawan, memberikan pelatihan, motivasi, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman, dan lain sebagainya.

4.Tugas dan tanggung jawab Supervisor adalah memastikan kelancaran operasional, mengawasi operator atau karyawan, mengawasi anak buah agar sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja, monitoring di lapangan sehingga operasional tetap fokus memperhatikan keselamatan kerja, dan lain sebagainya.

5.Tugas dan tanggung jawab karyawan adalah menjalankan semua prosedur perusahaan berdasarkan tugas sesuai aktifitas pekerjaannya, mengikuti budaya perusahaan, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun