Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Cara Efektif Mengatur Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari

17 November 2020   04:02 Diperbarui: 17 November 2020   04:09 336 5 2 Mohon Tunggu...

Oleh : Noto Susanto,S.E,M.M,CSTMI,CPHCM

Perlu pembahasan yang mendalam namun untuk di sini saya sampaikan bahwa mengatur keuangan adalah bagaimana diri kita untuk mengelola penghasilan dan pendapatan baik dari hasil usaha atau hasil dari pekerjaan.

Penghasilan dan pendapatan merupakan bagian dari untuk menjalankan kehidupan dalam bermasyarakat yang mana pundi-pundi ekonomi di tentukan dari apa yang di hasilkan dari usaha atau dari kerjaan tersebut.

Ini yang yang menjadi perbincangan dari semua masyarakat luas bahwa penghasilan sekecilkan apapun jika kita bersyukur itu menjadi lebih dari pada cukup namun  ada juga masyarakat menyampaikan jika kebalikannya penghasilan besar, justru pengeluaran semakin besar pula dikarenakan tidak di syukuri dengan baik.

Pasti ada hubungannya antara penghasilan dan pengeluaran, nah baru kita menyadari bahwa penting untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan setiap bulannya.

Pengeluaran tersebut seharusnya sudah di rinci dengan baik supaya penghasilan yang kita peroleh anggap saja setiap bulan mungkin ada juga yang menerima upah harian atau mingguan, namun di sini kita akan sederhanakan dan memberikan gambaran dalam satu bulan saja.

Pengeluaran menjadi kebutuhan itu sudah pasti, yang harus di hindari adalah ketika kita sudah menghasilkan kebutuhan secara spontanitas keinginanpun akan mengikuti diri kita tanpa disadari secara langsung.

Fenomena yang terjadi adalah kebiasaan manusia atau masyarakat Indonesia adalah tidak bisa menghindari keinginan tentunya ini di dorongan oleh emosional yang kurang mengontrol apa yang menjadi di luar kebutuhan pokok.

Apa saja ya yang menjadi pengeluaran setiap bulanya, Saya akan simulasikan anggap saja penghasilan satu bulanya Rp.4.000.000, berikut cara untuk mengatur keuangan yang efektif dan cerdas dengan rincian serta bisa di buktikan :

1.Pengeluaran pokok bulanan : Rp.2.000.000 (dengan asumsi biaya kontrakan, biaya listrik, biaya makan di rumah, dan lain sebaginya)

2.Biaya transportasi perjalananan ke tempat pekerjaan Rp. 400.000 (dengan asumsi setiap bulannya 20 hari kerja sedangkan biaya transportasi setiap harinya Rp.20.000).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN