Mohon tunggu...
NoorJannah
NoorJannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswi ULM Prodi Ilmu Komunikasi

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Globalisasi Mengancam Integritas Pancasila, Apa yang Harus Kita lakukan?

22 Oktober 2021   22:48 Diperbarui: 22 Oktober 2021   23:01 117 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Terdapat berbagai macam pengertian kedudukan dan fungsi Pancasila yang masing-masing harus dipahami sesuai dengan konteks kausalitasnya, dalam pengertian proses terbentuknya Pancasila secara kausalitas. Misalnya Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, sebagai Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia, sebagai ideologi Bangsa dan Negara Indonesia dan masih banyak kedudukan dan fungsi Pancasila lainnya. Seluruh kedudukan dan fungsi Pancasila itu bukanlah berdiri secara sendiri-sendiri namun bilamana kita kelompokkan maka akan Kembali pada dua kedudukan dan fungsi pokok Pancasila yaitu sebagai Dasar Filsafat Negara dan sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

Peran Pancasila sebagai ideologi negara secara konkret yang pertama ialah sebagai pedoman bagi warga negara yang dimana setiap perilaku warga negara harus berdasarkan pada aturan moral, seperti contoh kasus narkoba yang sedang merebak luas di kalangan generasi muda yang menandakan bahwa pedoman ideologi dan moral belum terlaksana. yang kedua ialah ideologi negara sebagai penolakan pada nilai-nilai yang tidak relevan dengan prinsip Pancasila, seperti kasus terorisme yang terjadi pemaksaan dengan kekerasan. Kedua contoh tersebut sangat memerlukan peran Pancasila agar mudah dalam penindakannya.

NKRI sangat memerlukan peran Pancasila dalam menjaga keutuhannya. Upaya dan sikap dalam mempertahankan NKRI  yang dapat kita lakukan sebagai warga negara Indonesia ialah dengan mempelajari Pancasila, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mentaati norma-norma yang ada, menjaga kemurnian Pancasila, memerangi berbagai ancaman dari luar maupun dalam negeri, menjaga wilayah dan kekayaan NKRI, mewujudkan ketahanan nasional, menjunjung tinggi persatuan, dan masih banyak lagi upaya dan sikap yang bisa kita lakukan sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI.

Tantangan bagi Pancasila sangatlah banyak apalagi di era Globalisasi seperti saat ini. Salah satunya tantangan yang mencakup berbagai gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI, seperti yang terjadi di Aceh, Maluku, dan Papua. Jika penanganan yang tidak tepat hal tersebut akan menjadi ancaman besar bagi Pancasila dan NKRI.

 Tantangan lain yang perlu diperhatikan dengan serius adalah globalisasi yang berbasis teknologi informasi, komunikasi, dan transfortasi yang secara drastis meluas dan melampaui batas etnis bahkan bangsa. Kedua hal ini sangat perlu ditangani dengan serius, karena apabila tidak dengan tindakan yang tepat hal ini dapat mengancam keutuhan NKRI serta Pancasila. Untuk itu kita sepatutnya sebagai warga negara Indonesia harus menjaga serta memelihara keutuhan NKRI dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila agar lebih terarah.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan