Mohon tunggu...
Nony Prasmiari
Nony Prasmiari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pekerja yang masih ingin belajar kembali

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Keterkaitan antara Akuntansi dan Pasar Modal-Prof Dr Apollo

16 Juli 2020   20:31 Diperbarui: 16 Juli 2020   20:29 24 0 0 Mohon Tunggu...

Hingga Mei 2020 Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan total investor pasar modal, baik saham, reksadana, maupun obligasi, mengalami kenaikan sebesar 13% atau menjadi 2,81 juta. 

Bahkan sejak awal tahun 2020, nilai rata-rata frekuensi perdagangan harian sebanyak 515.817 kali. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin partisipatif untuk berinvestasi di pasar modal.

Tapi apakah semua orang sudah paham bagaimana cara untuk menilai saham perusahaan yang baik dan menguntungkan? Salah satu penilaian penting yang harus dilakukan adalah dengan menilai laporan keuangan sebagai faktor fundamental untuk memilih saham yang baik. Laporan keuangan perusahaan haruslah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang berlaku di Indonesia.

Apa itu akuntansi?

Pertama yang kita bahas adalah apa itu akuntansi, bagaimana laporan keuangan yang benar dan dapat diandalkan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Akuntansi merupakan seni mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan. 

Adapun tujuan dari proses akuntansi adalah sebagai pencatatan transaksi keuangan secara terperinci atau detail, lalu untuk mengetahui laba rugi perusahaan serta sebagai dasar estimasi posisi keuangan bisnis dan dasar pengambilan keputusan. Begitu pentingnya tujuan dari proses akuntansi sehingga laporan keuangan yang dihasilkan pun sesuai dengan PSAK serta peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku.

Apa itu pasar modal?

Lalu apa yang dimaksud dengan pasar modal? Pasar modal merupakan tempat sebagai bertemunya penjual dan pembeli instrumen keuangan. Di dalam pasar modal ini diperjualbelikan surat-surat berharga seperti saham dan ekuitas serta produk derivatifnya. 

Ada beberapa manfaat pasar modal yaitu menciptakan wadah sebagai saran investasi kepada investor, menjadi indikator tren ekonomi yang terjadi di negara tertentu, memiliki peran untuk mengalokasi sumber dana secara optimal dan menjadi alternatif investasi yang dapat dipilih oleh masyarakat.

Apa hubungannya antara akuntansi dan pasar modal?

Para pembeli yang selanjutnya disebut investor menanamkan sahamnya ke perusahaan yang mereka harapkan akan memberi keuntungan di masa depan atau dalam jangka panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN