Mohon tunggu...
Wahab Naira Sairun
Wahab Naira Sairun Mohon Tunggu...

Banda Ely | Boyfulan Sio

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Eksotisme Alam Kota Tual-Maluku Tenggara

8 September 2015   11:01 Diperbarui: 9 September 2015   21:52 0 3 2 Mohon Tunggu...

[caption caption="Pemandangan Pasir Panjang Ngurbloat Tual (wisatamaluku)"][/caption]

Bagi para kompasianer, kota Tual tak begitu familiar didengar. Namun tahukah kompasianer bahwa Tual merupakan daerah yang menyimpan begitu banyak obyek wisata alam yang patut kompasianer kunjungi.

Tual sendiri berada di kabupaten Maluku Tenggara. Secara geografis, Tual berada di sebelah tenggara ibukota provinsi Maluku (Ambon) dengan batas wilayah antara sebelah utara dengan laut Banda, sebelah selatan laut Arafura, sebelah barat laut Banda dan sebelah timur dengan selat Nerong (Kabupaten Maluku Tenggara). Luas wilayah kota Tual 19,448,13 Km2 dengan luas daratan 352,29 Km2 (1,33%) dan luas lautan 19.095,84 Km2 (98,67%). Dengan melihat posisi lautan yang lebih mendominasi luas daratan, menjadikan kota Tual sebagai kota kepulauan (City of small island) yang terdiri atas 66 gugusan pulau, dimana hanya sebanyak 13 pulau yang dihuni oleh manusia sedangkan pulau lainnya dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi para nelayan yang melaut ataupun sebagai tempat wisata karena ukuran pulau yang kecil-kecil.

Tual, sejak lama telah dikenal oleh masyarakat Maluku sebagai daerah yang memiliki potensi wisata eksotis. Bila dibandingkan dengan daerah lain di Maluku, obyek wisata alam yang ada di kota Tual mampu menandingi tempat atau obyek wisata lain di provinsi ‘kapitan Pattimura’ ini. Tetapi dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung, obyek wisata alam di kota Tual masih kurang dikunjungi. Hal ini disebabkan oleh minimnya sebaran informasi yang terekspos ke media.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, Tual menjadi daerah wisata yang paling diminati oleh wisatawan dalam negeri terutama para traveling maupun wisatawan asing (wisman) untuk mengeksplorasi eksotisme alam disana. Semenjak ditemukannya sebuah pulau yang memiliki keindahan laut dengan beberapa bukit batu yang berdiri berjejeran di sekitar area pulau ini, makin menambah satu lagi keindahan alam di negeri Kei yang menjadi destinasi wisata alam yang patut dikunjungi.

Bagi anda yang hobbi traveling dan berpetualang, terutama yang memiliki hobbi traveling di lautan dan pantai, Tual menjadi daerah yang paling direkomendasikan dan layak menjadi agenda utama anda jika ingin mengeksplorasi wisata alam di Indonesia. Karena di daerah ini, akan menawarkan puluhan keindahan laut, pulau dan pantai yang pasti membuat anda terpuaskan. Berikut merupakan tempat wisata alam yang ada di negeri Larvul Ngabal ini:

Pasir Panjang (Ngurbloat)

[caption caption="Kelembutan pasir panjang yang menjadi daya tarik masyarakat. Nampak terlihat garis pantai yang membentang pasir putih halus sepanjang 5 km (wisatamalukutenggara)"]

[/caption]

Pasir panjang adalah salah satu obyek wisata favorit yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Tual dan sekitarnya ketika memasuki akhir pekan. Selain masyarakat lokal, beberapa wisatawan manca Negara juga menjadikan pasir panjang sebagai destinasi utama untuk dikunjungi.

Pasir panjang terletak di desa Ngurbloat sehingga sering disebut sebagai Pasir panjang Ngurbloat. Seperti sebutannya, pantai yang terletak di Ohoi Ngilngof ini memiliki panjang mencapai 5 Km hingga ke sisi pantai ang lain yaitu pantai Ngursamadan sehingga apabila berkunjung ke pantai ini, sepanjang mata memandang anda akan dibuat takjub dengan pemandang pantai yang menggoda mata dengan tekstur pasir yang sangat halus dan putih. Saya berani mengatakan tekstur pasir disini sangat halus karena kelembutan pasirnya hanya terkalahkan oleh kelembutan tepung. Oleh karena kelembutannya, maka pasir panjang di kota Tual ini dinobatkan oleh National Geographic sebagai pasir terhalus di Asia Tenggara.

Selain memiliki pasir terhalus, area sekitaran pantai ini ditumbuhi beragam jenis pepohonan terutama pohon Bakau dan Kelapa yang lebih mendominasi pepohonan disana sehingga mendukung aktivitas anda. Bagi anda yang hobbi snorkeling, anda tidak usah merasa cemas karena air laut di pantai Ngurbloat sangat tampak jernih sehingga membuat anda merasa betah dan ingin berlama-lama di dalam air laut sekedar memanjakan mata melihat terumbu karang yang indah dan biota laut yang melimpah. Namun, anda perlu menyediakan berbagai kebutuhan menyelam karena disini tidak disediakan perlengkapan yang memadai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x