Otomotif

Membeli Mobil di "Showroom" atau di Makelar?

6 November 2017   13:08 Diperbarui: 6 November 2017   13:30 2206 0 0
Membeli Mobil di "Showroom" atau di Makelar?
picture from otomaniac.com

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat , biasanya mengunakan bahan bakar minyak (solar,bensin) untuk menjalankan mesin. Mobil pun banyak banyak Type nya seperti TOYOTA, HONDA, BMW, MERCY, dll.

Dari tahun ke tahun pengguna mobil di Indonesia pun sangat lah bertambah karena naik hampir sekitar 50% orang indonesia yang membeli mobil. Disisi lain pun banyak alasan kenapa orang ingin membeli mobil baru/bekas yang pertama yaitu, 1. Jumlah keluarga yang bertambah. 2. Mendapatkan mobil yang lebih hemat bahan bakarnya. 3. Mendapatkan fitur baru. 4. Menggantikan mobil yang sudah tua.

Manfaat pengunaan mobil yaitu sangat sangat lah banyak positif nya dan banyak juga negatifnya. Positif nya yaitu  lebih cepat sampai,tidak kehujanan maupun kepanasan, cukup untuk orang banyak, tidak begitu capek. Dan dampak negtifnya yaitu  asapnya salah satu penyebabnya terjadinya Global Warming,membuat paru paru sesak kalau menghirup asapnya, orang lebih malas jalan kaki.

Mobil pribadi di belakangan tahun ini pun bisa untuk dijadikan lapangan pekerjaan yaitu dengan ikut kerja sebagai DRIVEROJEK ONLINE. (GRAB, GOJEK, UBER). Kita sangat mengetahui ojek online belakangan tahun ini sangat sangat lah meningkat drastis dan juga bisa mengatasi pengangguran di Indonesia. Jadi intinya mobil itu banyak manfaatnya.

Disisi lain juga banyak orang bertanya tanya saat membeli mobil dimana? Di Showroom atau di Makelar?

Menurut pengalaman saya setelah berbincang bincang dengan Koh Edry salah satu Pemilik Showroom mobil di Semarang. Saya  bertanya kenapa ya Kohharga mobil di Showroom masih sangat lah tinggi harganya? Koh Edry menjawab Emmmmmmmmenurut saya pribadi harganya tidak terlalu mahal kok mungkin yang membuat harganya mahal itu 1. Mobil bersih. 2. Mobil sudah disalonkan. 3. Semua kondisi bagian bagian mobil sudah diperbaiki jadi aman 100%. 4. Harus sewa lahan dan kalau di Showroom itu pun juga ada pajaknya soalnya kita Usaha, dan usaha harus ada Pajaknya kita setiap bulan harus bayar uang pajak ke Negara. 5. Juga harus membayar karyawan perbulan yang bekerja di Showroom. 6. Biaya perawatan setiap minggu/bulanan. Mungkin itu mas yang membuat harganya mobil di Showroom lebih mahal tapi tidak mahal mahal banget kok huhahuahua. kata "KOH EDRY". Meskipun harganya dimata masyarakat melambung tapi diShowroom saya yakin Mobil sudah memang benar benar siap jalan karena ditambah dengan , onderdil, mesin-mesin yang new, interior tambahan yang membuat pengguna mobil terasa nyaman saat berkendara dimobil, aksesoris indah saat di lihat. Jadi Showroom mana lagi yang kamu dustakan wkwkwkwwk. Kata "KOH EDRY". Disisi lain di Showroom pun juga bisa melayani pembayaran CASH maupun KREDIT yang telah disepakati Showroom tersebut.

Sedangkan pengalaman saya ketika saya bertemu dengan seorang Makelar yang berada di Semarang bernama Derik. Dan saya bertanya kenapa ya Pak kalau beli mobil dimakelar itu harganya tidak sangat lah mahal? Hehehe menurut saya pribadi sih kenapa kalau beli dimakelar lebih murah? Menurut saya sih 1. Mobil tidak bersih seperti di Showroom jadi mobil seadanya saja. 2. Tidak ada sewa lahan jadi kita bebas mau jual kapan saja intinya kalau ada mobil kita jual kalau tidak ada ya kita nganggur hahahahaha. 3. Tidak perlu membayar karyawan karena kita cuma kerja sendirian saja. 4. Tidak ada biaya pajak. Namun kelemahan makelar yaitu pembeli tidak bisa KREDIT untuk membeli mobil jadi harus CASH. 

Tetapi banyak juga makelar yang bayarnya hampir sama dengan kredit tetapi bedanya kalau di saya 2 kali pembayaran contohnya yaitu harga mobil misal 100 juta pembeli sudah deal ok dan akan di bayar 2 kali dengan tanggal 1 dan 10 januari. maka tanggal 1 harus bayar 50 juta dan tanggal 10 harus membayar 50 juta lagi. Itu kalau sistem makelar saya hehehe. 

Saya bertanya lagi kepada Pak Derik selama ini setelah bapak menjadi Makelar setiap unit mobil yang bapak jual mendaptkan untung berapa ya pak? hehe. Jawab Pak Derik ya tergantung unit mobilnya bentuknya bagaimana? Kalau mobil masih 99% masih bagus saya malah untungnya gede hahaha tapi kalau mobil bentuknya 55% saya agak susah jualnya karena banyak yang nawar nawar, nawar kalau dibeli sih gapapa kalau cuma tanya bikin hati cemungut-cemungut ea plus sakit hati hahahaha."Kata Pak Derik"

Menurut saya, kalau membeli mobil sih di Showroom karena lebih aman ketimbang makelar karena di Showroom mobil sudah aman 100% dan tidak ada kejanggalan di mobil tersebut. Dan timbah mesin mesin yang sudah A1 di jamin Lancar Jaya. Ditambah dengan aksesoris yang ditambah pihak Showroom menjadikan mobil lebih enak dan nyaman saat berkendara. 

Pihak Showroom pun sebagian banyak biasanya menawarkan prodok produk yang masih Garansi. Apalagi lagi di Showroompun bisa KREDIT dengan kesepakatan Showroom tersebut, kalau saya pribadi sih saya bisa nya masih kredit wkwkwk. Di samping onderdil terjamin dan aman 100%, kita juga dapat menyehatkan mata kita dengan melihat Mbak Mbak karyawan di Showroom hehehe tambah tambahlah  biar tidak stres mikirin KREDIT yang membandel huahuahuahauhahau.

Tetapi disisi lainnya Makelarpun juga kita bisa andalkan tetapi dengan orang yang sudah kita kenal lama atau Teman sehidup semati lah kalau anak muda ngomong ckckckc. Karena apa biar kita tahu bagaimana kondisi mobilnya tersebut masih aman atau tidak mesin mesinnya, dan masih layak atau tidak kalau kita beli . Disisi sampingpun kita sebagai pembeli juga enak kalau mempunyai makelar karena kita juga pasti bercanda sama teman makelar kita "Untungmu rak usah kakehan ben regone iso medun sitik ckckcckck" (Untung kamu tidak usah kebanyakan biar harganya bisa turun sedikit).

#GAYAHIDUP

Nama         : Aldi Maulana Hidayatullah

NIM            : A15.2017.00767