Aris Setya
Aris Setya karyawan swasta

Berpijak di bumi

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Jonatan Cerrada Penyanyi Belgia yang Cinta Indonesia

6 Februari 2018   03:33 Diperbarui: 6 Februari 2018   17:17 5254 2 0
Jonatan Cerrada Penyanyi Belgia yang Cinta Indonesia
Penampilan Jonatan di perayaan kemerdekaan Ri ke 72 di KBRI, Brussels, Belgia/dok.pribadi

Pertama kali melihat penampilannya ketika itu pada perayaan Dirgahayu RI ke-72 di KBRI di Brussels, Belgia. Pada saat itu dia menyanyikan dua lagu berbahasa Indonesia yang berjudul "Kembali ke Bali" dan "Lelaki Lain di Hati". Jujur sebelumnya saya tidak tau siapakah seorang Jonatan Ceradda, teman saya pernah bilang dulu jika ada penyanyi Belgia yang tinggal di Bali dan ternyata dia yang dimaksud.

Dan saya pun sudah mengikuti Instagramnya dari dulu tapi belum mengenal sama sekali, ketika dia bernyanyi di hadapan orang-orang Indonesia yang ada di Belgia dan dia seorang bule, hal ini menarik perhatiannya saya dan pengunjung lainnya. Setelah dia bernyanyi dan turun dari panggung banyak orang yang sudah antri minta berfoto dan tanda tangan, saya yang datang bersama seorang teman dan kebetulan dia nge-fans sama dia juga memaksa saya untuk menemaninya ngantri dan berfoto bersama Jonatan.

Dan penampilan dia di acara 17 an itu merupakan penampilan dia pertama kali didepan publik yang penontonya mayoritas orang Indonesia dan bernyanyi dengan Bahasa Indonesia, tentu saja hal tesebut sempat membuat Jonatan merasa sedikit gugup. Tapi akhirnya penampilannya dapat memukau warga Indonesia di Belgia.

Setelah itu saya pun mencari tahu sedikit tentang sosok Jonatan, karena saya sempat mengabadikan foto-foto dia ketika dia bernyanyi di KBRI dan saya ingin mengirimkan ke dia hasil jepretan saya. Akhirnya saya kirimkan foto-foto itu lewat Instgram. Dan Jonatan ternyata membalasnya dan kita pun menjadi teman di media sosial.

Jonatan membawakan lagu 'Kembali ke Bali' dan 'Lelaki Lain di Hati' / dok. Pribadi
Jonatan membawakan lagu 'Kembali ke Bali' dan 'Lelaki Lain di Hati' / dok. Pribadi
Karena sekarang saya tinggal di Belgia dan Jonatan tinggal di Indonesia kita bisa nyambung ketika sedang chatting dan bercerita tentang negara kita ataupun komen di Instagram atau Facebook. Yang saya tau dia merupakan pemenang sesion pertama French Idol pada tahun 2003 dan pada tahun 2004 Jonatan mewakili Perancis di ajang Eurovision Song Contest yang juga pernah diikuti oleh penyanyi asal Indonesia Anggun. Jonatan juga mengaku kalau dia sangat mengagumi sosok Anggun dan ingin sekali berduet bersama dia.

Jonatan sendiri pernah juga membintangi serial TV di Spanyol karena dia fasih berbahasa Perancis, Inggris dan Spanyol dan sekarang juga bisa berbahasa Indonesia. Dia bercerita bagaimana pertama kali dia pergi ke Bali dan jatuh cinta pada Pulau Dewata. Dia bercerita jika pergi ke Bali seperti pulang ke rumah. Kemudian dia meninggalakan semua yang dia miliki di Paris dan Liege dan pindah ke Bali. Hidup di Bali ternyata tidak semudah dan seindah yang dilihat semua orang, Jonatan sendiri juga pernah mengalami kepahitan dan perlu berjuang untuk bisa hidup di Bali. Tapi saya tahu dia bisa bangkit dari semua halangan yang sempat dia hadapi.

Kecintaannya terhadap Bali membuat dia pindah dari Eropa ke Indonesia / dok.Jonatan
Kecintaannya terhadap Bali membuat dia pindah dari Eropa ke Indonesia / dok.Jonatan
Pelangi bisa kita lihat setelah badai yang kita lalui. Sebagai bentuk cinta terhadap Bali dan Indonesia bulan lalu Jonatan baru saja meluncurkan single pertamanya dalam Bahasa Indonesia yang berjudul "Lelaki Lain di Hati" lagu ini merupakan sebuah kisah nyata tentang seseorang yang dengan sengaja dan sadar merebut kekasih orang lain, atau yang lagi ngetren saat ini dengan jargon pelakor. Liriknya sendiri begitu dalam dan pedih dan video klipnya juga dibuat di Bali.
Lelaki Lain di Hati merupakan single pertamnya dalam bahasa Indonesia / dok.Jonatan
Lelaki Lain di Hati merupakan single pertamnya dalam bahasa Indonesia / dok.Jonatan
Selain lagu slow "Lelaki Lain di Hati" ada juga single "Kembali ke Bali" yang musiknya sedikit riang dan bercerita tentang kecintaan Jonatan kepada Bali, khususnya Ubud, di mana dia tinggal sekarang ini. Semoga albumnya yang lagunya ditulis dalam Bahasa Indonesia segera bisa diluncurkan dan bisa diterima oleh pecinta musik ditanah air. Well, selamat buat Jonatan. Bon change mon ami!