Mohon tunggu...
Nofi Ndruru
Nofi Ndruru Mohon Tunggu... Hidup harus berjalan

traveller, writer, teacher

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apakah Isu dan Gerakan Feminisme Sudah Basi?

7 Desember 2019   03:12 Diperbarui: 8 Desember 2019   05:10 303 7 3 Mohon Tunggu...
Apakah Isu dan Gerakan Feminisme Sudah Basi?
Ilustrasi feminisme. (sumber: KOMPAS/TOTO SIHONO)

Feminisme di negara ini cenderung mirip-mirip posisinya dengan isu kiri karena tidak sedikit juga yang anti dengan gerakan tersebut bahkan mengecam orang-orang yang menyuarakan feminisme. 

Cok ko tengok lah itu di kanal-kanal video, ada yang bahkan menjustifikasi dari segi agama kalau perbuatan itu dilarang oleh agama dan menegaskan bahwa nilai-nilai dari kaum liberal itu mengarahkan wanita kepada lembah penghinaan yang paling dalam, ngakak sih dengar statement kaya gitu di akun yang punya ratusan rebu subscriber

Gila aja kalau pernyataan itu diamini sekian juta penonton, semua tindak tanduk wanita akan seenaknya dicap kotor atau tidak baik atau apapun itu dengan pemikirannya sendiri.

William Goblin pernah ngomong tuh, "Saya rasa wanita itu bodoh bila merasa dirinya setara dengan pria, mereka itu jauh lebih hebat dan selalu begitu." 

Sialnya, ada tambahan-tambahan lain setelah pernyataan Goblin tersebut yang ditambahkan oleh Erick Gray, "Apapun yang diberikan oleh wanita, dia akan membalasnya lebih.

Jika kamu memberikannya sperma, dia akan memberikanmu bayi. Kamu beri dia rumah, dia akan memberimu keluarga. Kamu beri dia bahan makanan, dia akan memberimu makan.

Kamu beri dia senyuman, dia akan memberimu hatinya. Dia dapat melipatgandakan dan menambahkan apa yang telah diberikan kepadanya. Jadi, jika kamu memberikannya sampah, siap-siap menerima kotoran!"

Mengapa sial? Karena kutipan tambahan itu dibebankan pada kalimat Goblin yang jadi seakan-akan Goblin lah yang mengeluarkan pernyataan tersebut. Mengapa sial? Karena apa yang dikatakan oleh si Erick itu membuat secara tidak langsung ya harusnya perempuan seperti itu.

Lah gimana kalau lo udah ngasih sperma terus dia belum ngasih lo baby? Apakah dia tidak layak disebut wanita? Sekali lagi, tolol yah pernyataan itu! Seakan-akan perempuan tuh ya berfungsi sebagai bank yang punya tanggungjawab untuk memberikan hasil yang lebih besar daripada apa yang dia dapatkan.

Pernyataan William Goblin dengan santai mengatakan bahwa perempuan itu jauh berada diatas pria. Dari segi apa? Mungkin secara fungsi umum seperti melahirkan, membesarkan anak, merawat rumah tangga ya bisa dibilang perempuan fungsinya jauh diatas lelaki, tetapi secara posisi dan perlakuan?

Kalau saja perlakuan terhadap perempuan itu setara, mendapat kesempatan yang sama ya ngga mungkinlah perempuan bakal teriak lantang untuk menuntut haknya.

Jadi pernyataannya si Goblin tuh ngga nyambung sama apa yang diperjuangkan dalam feminisme, jadi perempuan jangan terlalu terbang dan berbunga-bungalah dengan pernyataan si Goblin yang seakan-akan ingin meredam gerakan feminisme dengan cara yang halus dengan membuai perempuan itu melalui pujian.

Isu-isu perempuan yang diperjuangkan tiap jaman berbeda, tiap lokasi pun begitu. Isu perempuan yang dihadapi jaman modernisasi sekarang tentu beda dengan puluhan tahun yang lalu ketika perempuan masih menuntut hak untuk mendapat pendidikan. Tapi, jangan salah didaerah lain di nusantara masih ada loh yang setertinggal itu. 

Selain itu, di daerah lain di nusantara ini juga ada perda alias qanun yang bahkan guys, bahkan, mengatur CARA BERPAKAIAN, CARA BERJALAN dan CARA BERGAUL perempuan! Gila ga tuh! Tau ada yang gitu aja aku keselnya ke ubun-ubun kok. 

Sudah pasti kalimat tersebut lebih banyak menuai kecaman dengan banyak sanggahan, "Ya, kan daerah itu sudah disebut ISTIMEWA, ya harus terimalah sama aturan-aturannya." 

WORKSHOP WMI 22-24 NOVEMBER 2019 
WORKSHOP WMI 22-24 NOVEMBER 2019 

Ya, ya, ya, sampai kapan bentuk pembungkaman tersebut berjalan? Kalau kata Novia yg dari Womens March Aceh sih ya itu sejenis dengan penerapan hukum agama yang melewati batasnya.

Apa sih yang ditakuti sehingga sedemikan anti terhadap mode pakaian tertentu? Bukankah diwilayah yang wajib cadar juga banyak kasus dan tindakan asusila? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN