Mohon tunggu...
Nofika Shafira
Nofika Shafira Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Assessment dalam Dunia Pendidikan Inklusi

6 Desember 2020   21:19 Diperbarui: 6 Desember 2020   21:45 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

sebelum melangkah lebih dalam mari kita mengkaji beberapa definisi assessment menurut para ahli dibawah ini :

menurut AS Hornby  1986 assessment merupakan suatu usaha untuk menetapkan sejumlah nilai.

menurut Worthen dan Sanders 1973 assessment merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencari sesuatu yang berharga mengenai sesuatu dalam mencari sesuatu tersebut, juga meliputi informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta strategi yang alternatif yang diajukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 

Boyer & Ewel mendefinisikan assessment sebagai proses yang menyediakan informasi tentang siswa per individunya, tentang kurikulum atau program, tentang institusi atau segala sesuatu yang berkaitan dengan system institusi. 

Robert M Smith 2002 menyatakan bahwa assessment merupakan suatu penilaian yang komprehesif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang mana hasil keputusannya bisa digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan anak sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran. 

Menurut James A. Mc. Lounghlin & Rena B Lewis assessment merupakan proses sistematika dalam mengumpulkan data seseorang anak yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan untuk menentukan apa yang sesungguhnya dibutuhkan. Berdasarkan informasi tersebut guru akan dapat menyusun program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan kenyataan objektif.

Bomstein dan Kazdin (1985) mendefinisikan assessment menjadi bagian-bagian berikut:

  • Mengidentifikasi masalah dan menyeleksi target intervensi
  • Memilih dan mendesain program treatmen
  • Mengukur dampak treatmen yang diberikan secara terus menerus
  • Mengevaluasi hasil-hasil umum dan ketepatan dari terapi

menurut dari pendapat Suchman 1961 menyatakan bahwa assessment adalah sebuah proses dalam menentukkan ukuran dari hasil pencapaian suatu kegiatan yang telah dirancang guna mencapai apa yang telah menjadi tujuan. 

dari berbagai definisi asssessment menurut para ahli diatas penulis menyimpulkan bahwa assessment merupakan sebuah penilaian dengan cara menerapkan dan menggunakan berbagai upaya serta alat guna mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil pembelajaran dan pencapaian kompetensi peserta didik. 

istilah lain dari assassment adalah penilaian. istilah ini memang sangat berhubungan dengan kata evaluasi yaitu metode untuk memperoleh hasil belajar peserta didik. sehingga berkaitan pula pada tujuan dari keduannya yakni untuk mengukur sejauh apa prestasi belajar dari peserta didik.

 adapun fungsi dari assessment adalah sebagai berikut;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun