Mohon tunggu...
Nofiana N.F
Nofiana N.F Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication and Broadcasting

suka berproses✨

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kerennya Taman Lokajaya, Bangsri-Jepara!

26 Juni 2022   08:46 Diperbarui: 26 Juni 2022   20:18 87 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Wisata Taman Lokajaya, pastinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar tempat wisata ini, khususnya penduduk Jepara. Yap, tempat wisata yang sedang hits yaitu Taman Lokajaya ini merupakan wisata yang bisa dibilang masih baru yang ada di Jepara lebih tepatnya terletak di Desa Tengguli kecamatan Bangsri Jepara. 

Taman ini meiliki pemandangan yang indah dan bagus apalagi dilengkapi dengan pemandangan sawah, sungai, dan gunung. Sangat keren bukan?

Taman Lokajaya ini di bangun tahun 2020 yang dibangun oleh pemerintah desa Tengguli yang di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa Tengguli kecamatan Bangsri. 

Sekarang taman Lokajaya ini sudah ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah khususnya Jepara sendiri karena pemandangan yang bagus. Apalagi sekarang di tahun 2022 ini tempat wisata ini sudah hampir 100% jadi dan tentunya semakin keren.

Taman Lokajaya dilengkapi dengan fasilitas yang ada di taman Lokajaya yaitu ada terdapat kamar mandi, gazebo dan gardu pandang. Mengenai fasilitas yang ada, ada fasilitas yang sangat nyaman dan keren dan selalu diincar pengunjung yaitu gardu pandang. Karena, ketika dibuat foto akan terlihat keren dan bisa dibuat spot foto yang instagramable dengan adanya pemandangan dan background gunung dan persawahan.

Selain fasilitas yang cocok untuk berfoto, juga ada banyak warung kecil untuk tempat membeli makan dan minum untuk dinikmati ketika menikmati pemandangan di taman Lokajaya. "Desa Tengguli memang mulai membangun desanya sebagai salah satu desa wisata di kabupaten Jepara yaitu dengan adanya taman wisata Lokajaya" ujar Khoiruddin Farid selaku ketua Pokdarwis desa Tengguli. Dia juga menambahkan di desa ini juga mempunyai produk unggulan yaitu kerupuk singkong Samier, nasi pincuk dan nasi uduk Samier.

Selain keberadaan Taman Loka Jaya, di desa Tengguli juga terdapat Situs Ukur Sunan Kalijaga. Ini merupakan sebuah alat ukur yang konon digunakan Sunan Kalijaga saat mencari kayu untuk pembuatan tiang penyangga Masjid Agung Demak.

Menurut cerita, pada tahun 1479 M selepas Sunan Ampel, Sunan Gunung Jati dan Sunan Bonang selesai membuat tiang Masjid Demak, Sunan Kalijaga masih mencari kayu untuk membuat tiang terakhir.

Dalam mencari kayu untuk tiang ke-empat ini, sampai lah ke daerah timur hingga daerah yang sekarang bernama Desa Tengguli. Tetapi, saat beliau mencari kayu, beliau menemukan kayu yang kondisinya kayu bagian tengahnya berlubang dan tidak utuh. Kemudian dikarenakan kondisi kayu yang ditemukan berlubang, beliau meninggalkan "ukur" di daerah tersebut.

Sekarang sudah ada harga tiket masuk yaitu Rp.5.000 untuk bisa menikmati wisata Taman Lokajaya, dengan tujuan untuk menambah fasilitas lagi agar semakin lengkap dan pengunjung pun akan lebih merasa puas dengan fasilitas yang ada. Untuk menuju lokasi Taman Lokajaya ini berada pegunungan yang jalannya berbelok-belok dan naik turun, lebih tepatnya terletak di desa Tengguli kecamatan Bangsri Jepara dan jika masih bingung bisa buka di google maps Taman Lokajaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan