Mohon tunggu...
Nofdah Eka Putri
Nofdah Eka Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa Stai Yaptip Pasbar
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Call me indah ❤12-04-2019🍃 Pejuang Sarjana Pendidikan Agama Islam 🎓🎓

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

7 Macam Wasiat Nabi Muhammad Saw

5 Mei 2019   12:41 Diperbarui: 5 Mei 2019   19:04 0 1 0 Mohon Tunggu...
7 Macam Wasiat Nabi Muhammad Saw
screenshot-20190505-190306-5cced1338d947a27a6676026.png

Dari abu dzar radiallahu 'anhu berkata " kekasih ku nabi muhammad SAW berwasiat pada ku dengan 7 hal yaitu :
1. Supaya aku mencintai orang-orang miskin dan mendekati mereka.


Maksud nya ialah bahwa nabi muhammad sangat mencintai orang-orang miskin sehingga beliau berwasiat kepada umat nya untuk memperlakukan orang-orang miskin itu selayaknya tanpa membeda bedakan umat nya. Karna dimat allah semua umat itu sama tanpa ada perbedaan ras, suku, tahta dan lainnya, perbadaan umat nya dimata allah SWT hanyalah iman nya.

2. Beliau memerintah kan aku, supaya aku melihat orang-orang dibawah ku tanpa melihat orang-orang yang berada di atas ku.


Maksud nya yaitu bahwa nabi muhammad sangat suka kepada umat nya yang bersyukur, sebab itu lah beliau berwasiat supaya melihat orang-orang yang ada dibawah kita dengan itu kita kan lebih bisa bersyukur dengan apa yang sudah diberikan allah kepada kita, bersyukur atas nikmat,rezki dan yang lainnya.. Karna begitu banyak orang-orang yang kurang mampu dibanding kita. Dan kenapa nabi muhammad menganjurkan kita supaya tidak menoleh keatas sebab jika kita melihat orang-orang yang ada diatas kita maka kita tidak akan pernah bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki malahan kita akan merasa kekurangan dan rasa tidak adil akan tumbuh didiri kita.

3. Beliau memerintahkan kepada ku supaya mempererat tali silaturrahmi ku meskipun mereka berperilaku kasar kepada ku.


Maksudnya yaitu nabi muhammad menganjurkan kita untuk mempererat tali silaturrahmi serta menyambung tali silaturrahmi supaya rasa persaudaraan kita itu utuh dan kita bisa saling mencintai sesama muslim. Karna allah paling cinta kepada umat nya yang bisa menjaga persaudaraan nya dan sangat benci kepada umat nya yang memutuskan tali silaturrahmi nya.

4. Aku dianjur kan nya untuk membaca ucapan " Laa haulaa walaa quwwata illaa billaah " (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan allah )


Maksud nya yaitu nabi muhammad saw menganjurkan kita untuk meminta itu kepada allah swt, bukan kepada umat nya.. Karna pertolongan dari allah itu pasti dan yakin lah bahwa tiada pertolongan yang pasti dan berkah selain pertolongan dari allah swt semata.

5. Aku diperintah kan untuk berkata yang benar meskipun itu pahit.


Maksudnya yaitu bahwa nabi muhammad saw menganjurkan kita untuk berkata jujur, berkata benar meskipun pahit dan membuat orang terluka. Dari pada bohong demi kebaikan tapi akhirnya akan menyakitkan.. Selain itu allah juga tidak menyukai perilaku bohong karna merupakan perilaku yang tercela..

6. Beliau berwasiat supaya aku tidak takut kepada celaaan orang yang mencela aku didalam dakwah dijalan allah.


Nabi muhammad saw berwasiat supaya tidak usah takut kepada celaan orang atas dakwah yang kita lakukan, karna dakwah dijalan allah itu adalah perilaku yang terpuji yang dicintai oleh allah dan yakin lah bahwa allah bersama umat - umat nya.  Apalagi kita dakwah dijalan-Nya sudah pasti kita mendapat kan lindungan serta pertolongan dari-Nya.  

7. Beliau melarang ku untuk meminta-minta a kepada manusia .


Maksudnya yaitu bahwa nabi muhammad melarang kita untuk meminta minta karna tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah, karna meminta minta juga merupakan perilaku tercela yang dibenci oleh allah dan allah sangat menyukai perilaku umat nya yang memakan makanan yang halal yang dihasilkan dengan keringat nya sendiri.
(HR.  Imam Ahmad dan Ath-Thabrani)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x