Mohon tunggu...
Noer Ashari
Noer Ashari Mohon Tunggu... Operator - Operator Sekolah

Mengungkapkan Keresahan Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Nikah Aja Dulu, Nanti Rezeki Ada yang Ngatur: Sebuah Mindset Kuno yang Perlu Diperbarui

12 Mei 2024   11:32 Diperbarui: 12 Mei 2024   12:01 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Menikah. (Sumber Gambar: pexels.com/Danu Hidayatur Rahman) 

Kita semua tahu, zaman terus berubah dan kita harus mengikuti arusnya. Nah, di  artikel ini, kita akan membahas tentang pola pikir lama yang masih melekat di benak sebagian orang tua kita. Kita akan sama-sama membahas tentang mindset “Nikah Aja Dulu, Nanti Rezeki Ada yang Ngatur”. Terdengar romantis, tapi apa iya segampang itu?

Tujuan penulis bukan untuk nyinyir atau menghakimi, tapi lebih ke arah membuka wawasan dan mencoba sudut pandang baru yang bisa membuat kita semua, termasuk generasi sebelum kita, berpikir ulang. Kita akan tukar pikiran, siapa tahu bisa dapat insight baru yang bisa ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi pertanyaannya apa sih yang perlu diperbarui dari mindset ini? Mari sama-sama kita jawab.

Asal-usul dan prevalensi mindset ini dalam masyarakat

Jadi, ceritanya mindset ini sudah ada sejak jaman dulu kala, ketika nenek moyang kita masih berpola pikir yang tradisional. Mereka percaya bahwa pernikahan itu takdir, dan rezeki itu sudah diatur sama yang di atas. Jadi, tidak perlu pusing mikir uang atau masa depan, yang penting nikah dulu.

Nah, di masyarakat kita, terutama di daerah-daerah yang masih kental adat istiadatnya, mindset ini masih sering kita dengar. Kadang-kadang, mindset ini jadi semacam ‘jalan pintas’ buat orang tua yang ingin cepat lihat anaknya berumah tangga, tanpa berpikir bagaimana nanti anaknya akan mengatur keuangan dan keluarganya.

Tapi, sekarang zaman sudah modern, banyak yang mulai sadar kalau mindset seperti ini bisa membuat masalah di kemudian hari. Apalagi dengan biaya hidup yang makin naik, dan kebutuhan yang makin banyak, tidak mungkin kita hanya berharap tanpa ada usaha dan perencanaan yang matang. 

Apa itu mindset “Nikah Aja Dulu, Nanti Rezeki Ada yang Ngatur”? 

Mindset ini semacam keyakinan atau cara berpikir yang kira-kira, “Udahlah, nikahin aja dulu anaknya, nanti soal uang dan kebutuhan hidupnya pasti ada jalannya.” Ini terlihat seperti terlalu pede dengan takdir, bahwa semua urusan rezeki itu sudah ada yang atur, jadi tidak perlu khawatir atau berpikir bagaimana caranya cari uang.

Mindset ini sering kali digunakan sebagai alasan untuk cepat-cepat menikahkan anak, tanpa berpikir matang-matang bagaimana nanti mereka akan hidup. Kadang-kadang, ini juga jadi semacam ‘senjata’ untuk menenangkan pikiran orang tua yang khawatir dengan masa depan anaknya, dengan harapan kalau sudah menikah, semuanya pasti lancar jaya.

Tapi, perlu digaris bawahi sekarang kita hidup di zaman yang serba cepat dan penuh tantangan. Jadi, tidak bisa jika kita hanya mengandalkan ‘nanti ada yang ngatur’. Harus ada usaha dan perencanaan yang benar-benar matang. Kita harus lebih realistis dan proaktif dalam mengatur hidup kita, termasuk soal pernikahan dan keuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun