Mohon tunggu...
Noer Ashari
Noer Ashari Mohon Tunggu... Operator - Operator Sekolah

Lebih cenderung membahas tentang informasi dan opini sepak bola Eropa, sesekali membahas hal-hal random sesuai dengan kemauan hati dan pikiran saya.. Salam Hangat ☕

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Satu Abad NU: Peran Besar dalam Membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa

23 Februari 2023   19:41 Diperbarui: 23 Februari 2023   19:48 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Satu Abad NU(instagram.com/ppmuslimatnu)

NU merupakan organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dengan pengaruh yang besar dalam kehidupan sosial, politik, dan keagamaan di Indonesia. NU telah memberikan banyak kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam kurun waktu seabad ini NU telah berkontribusi dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. NU didirikan di awal tahun 1920-an oleh KH. Hasyim Asy'ari, seorang tokoh agama terkemuka di Indonesia.

NU berfokus pada pengembangan agama dan kehidupan sosial umat Islam di Indonesia. Selain itu, NU juga terkenal sebagai organisasi yang sangat peduli dengan kesejahteraan sosial masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil.

Selama masa penjajahan Belanda, banyak ulama dan tokoh NU yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, NU terus berkembang dan menjadi organisasi yang punya kekuatan sosial dan politik yang cukup besar.

NU juga selalu memperjuangkan Islam moderat dan mempertahankan nilai-nilai keagamaan di Indonesia. Selain itu, NU juga terus berupaya mengembangkan pendidikan dan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Sekarang NU masih jadi organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dan terus berjuang untuk memperkuat peran dan kontribusinya dalam membangun bangsa yang lebih baik. Jadi, kita harus bangga sama NU yang udah bikin banyak kontribusi positif buat masyarakat Indonesia!

NU genap 100 tahun pada 7 Februari 2023! Selamat ulang tahun untuk semua warga NU. Kami bangga dan bahagia sebagai warga Indonesia. Kalau nggak ada NU mungkin Indonesia sudah bernasib sama dengan banyak negara Islam di dunia yang penuh konflik dan peperangan. NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU juga menjadi pemersatu bangsa yang mengajarkan nilai-nilai persaudaraan untuk mewujudkan kedamaian dan kebersamaan. Dengan NU, kita belajar bahwa persatuan adalah kunci untuk hidup harmonis. 

Perlu diketahui NU adalah organisasi terbesar di Indonesia, dan hal-hal yang menarik buat saya terkait NU yaitu:

1. Tidak Suka Mengkafir-kafirkan

Sikap resmi NU gak menggunakan sebutan kafir buat non-Muslim bukan cuma omongan ulama atau kyai, tapi juga hasil dari Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU tahun 2019. Pentingnya sikap ini terlihat banget, sekarang di mana-mana sering kita dengar orang yang mengkafir-kafirkan non-Muslim, bahkan sesama Muslim pun ada yang dikafirkan. Dengan gak pake sebutan kafir, NU berusaha menghindari adanya garis pemisah yang kuat antara Muslim dengan non-Muslim. NU menolak alasan yang bilang kafir itu ada di Alquran. Menurut NU, kata 'kaum kafir' cuma merujuk ke orang jahat yang benci sama Islam. Jadi, orang Kristen yang baik hati sama Islam gak bisa disebut kafir menurut NU. Sikap ini diambil biar nggak ada penghinaan ke umat non-Muslim dan untuk mempromosikan perdamaian danke harmonisan antara umat beragama di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun