Mohon tunggu...
Noeradji Prabowo
Noeradji Prabowo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Konsultan manajemen dengan pengalaman membantu berbagai industri/jasa perusahaan di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tugas Creative Content Writing - Kompasiana Crowds Meetup 2024 - "Gurihnya masakan dari resep makanan tahun 1936"

7 Mei 2024   03:00 Diperbarui: 7 Mei 2024   13:20 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usulan judul:

  • Gurihnya masakan dari resep makanan tahun 1936
  • Resep olahan makanan 1936 - dicoba&dinikmati tahun 2024
  • Kumpulan Resep Makanan - RA Kardinah (1936)
  • Kumpulan Resep Olahan Makanan tahun 1936
  • Lajang Panoentoen Bab Olah-olah Kanggo Para Wanita

Menyambut hari Kartini 21 April 2024, sejak tengah malam 20 April 2024 beredari di WA group buku LAJANG PANOENTOEN BAB OLAH-OLAH KANGGO PARA WANITA.

https://resolver.kb.nl/resolve?urn=MMKIT03:000177801:pdf
https://resolver.kb.nl/resolve?urn=MMKIT03:000177801:pdf

Bahasa yang dipakai adalah bahasa Jawa dengan menggunakan ejaan lama –misalkan huruf J dibaca [Y] atau huruf TJ dibaca [C]- bila diterjemahkan secara bebas judul buku tsb adalah Kumpulan Resep Olahan Makanan untuk Wanita karya Raden Ajoe Adipati Ario Rekso Negoro di Salatiga, yang diterbitkan oleh JB Wolters di Jakarta tahun 1936 (https://resolver.kb.nl/resolve?urn=MMKIT03:000177801:pdf).

Raden Ajoe Adipati Ario Rekso Negoro adalah gelar RA Kardinah -adik dari RA Kartini- setelah menikah (https://tirto.id/kardinah-adik-kartini-yang-jadi-korban-revolusi-sosial-cnjQ) -, Nama RA Kardinah ini kemudian diabadikan menjadi nama RSUD (rumah sakit umum daerah) Kardinah Tegal.  (https://rsudkardinah.tegalkota.go.id/homepage/sejarah/gaJndyx6RIh8M)

Buku setebal 44 halaman terbagi dalam enam bab yang membahas resep olahan makanan, yaitu: kelan, iwak-iwakan, sambellan lan liyane, atjar, sekoel dan koewih-koewih.

Yang menarik adalah kata iwak dalam bahasa Jawa artinya bukan ikan/fish, melainkan lauk (teman makan nasi), oleh sebab itu resepnya untuk iwak semuanya menggunakan olahan daging sapi / kambing / ayam. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu diketahui budi daya ikan air tawar di Indonesia, misalnya ikan mujair tahun 1939 (https://id.wikipedia.org/wiki/Mujair), kemudian ikan lele tahun 1985 (https://id.wikipedia.org/wiki/Lele). Dengan demikian resep olahan tersebut untuk iwak, bisa memakai bahan olahan ikan lele.

Ada bahan olahan ikan lele dengan brand LesGO - Lele Siap Goreng. Produk ini, berasal dari ikan lele segar berkulitas yang diolah dengan balutan rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa yang enak serta dikemas tanpa bahan pengawet.

https://s.id/25zJM 
https://s.id/25zJM 
Selain siap digoreng, brand LesGo bisa juga dimasak sesuai buku kumpulan resep untuk iwak di atas. Karena ada kesulitan dalam menerjemahkan buku kumpulan resep di atas, maka ada alternatif lain agar mudah memahami dan mempraktekkan resepnya dengan memakai bahan olahan ikan lele brand LesGo, yaitu dari situs cookpad (https://cookpad.com/id/cari/ikan%20lele?event=search.typed_query) Di cookpad, brand LesGo bisa diolah dengan berbagai macam pilihan resep olahan ikan lele antara lain Mangut ikan lele, Oseng ikan lele cabe rawit, Pecak ikan lele, Balado ikan lele, Ikan lele kremes, Pecel ikan lele, Ikan lele sambal kemangi, Ikan lele bumbu kluwek, Pepes ikan lele, Pesmol ikan lele, Ikan lele panggang balado.

Bila ingin mencoba berbagai macam olahan ikan lele di atas, silahkan pakai brand LesGo yang bisa dipesan melalui tokopedia, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun