Mohon tunggu...
Nobertha Shinta
Nobertha Shinta Mohon Tunggu... Hoteliers - Anyone can write anything. Write whatever I want. Also write whatever I have to.

I will write whatever I want to write :)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Karakteristik Portal Media Online Vs Portal Surat Kabar Online

25 Februari 2011   16:34 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:16 1022
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dipungkiri telah memberikan dampak besar pada sektor industry komunikasi yang tentunya menggabungkan media massa konvensional dengan teknologi komunikasi, sehingga memungkinkan terjadinya konvergensi. Tidak dapat dipungkiri bahwa media semakin bekerja lebih keras untuk memperoleh khalayak dengan menyesuaikan diri pada perkembangan teknologi, sehingga banyaknya sumber informasi yang dapat diakses menjadi semakin kompetitif. Hal ini yang membuat kesadaran pemilik media untuk mengelola media online sebagai bisnis tersendiri. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa perkembangan media online di Indonesia saat ini cukup pesat dan menjadi fenomena yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Oleh sebab itulah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi terbukti mampu menjembatani jalur transportasi pengiriman informasi media ke khalayak.

Salah satu portal media online yang popular saat ini adalah detik.com dan portal surat kabar online daerah adalah krjogja.com. krjogja.com biasanya hanya merupakan konversi dari harian cetak kedaulatan rakyat ersebut ke internet, dan ditambahi sedikit informasi menarik lainnya. Secara karakteristik, kedua portal berita ini tentunya telah memenuhi seluruh kriteria dari portal berita online. Karakteristik yang paling populer tentunya adalah sifatnya yang real time. Berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung.

Karakter lainnya yang membuat portal berita online menjadi diminati adalah sifatnya yang interaktif. Dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, karya-karya jurnalisme online dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber-sumber lain. Ini berarti, pengguna/pembaca dapat menikmati informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas bahkan berbeda. Interaktifitas juga dapat dilihat dari adanya pemberian feed back / umpan balik dari pembaca yang membaca sebuah berita melalui kolom komentar yang disajikan di bawah berita yang dtampilkan. Sehingga para pembaca dapat memberikan kritik dan sarannya serta bertukar pikiran dengan pembaca yang lainnya.

Menyertakan unsur-unsur multimedia adalah karakteristik lain jdari portal berita online yang tidak kalah penting, sehingga mampu menyajikan bentuk dan isi publikasi yang lebih kaya di dalam sebuah web. Seperti dalam terminology internet, ada istilah hoax. Jika suatu berita tidak disertai dengan multimedia baik berupa gambar atau video bisa jadi berita tersebut diragukan kepercayaanya. Oleh sebab itu, keberadaan unsur multimedia ini juga menjadi salah satu aspek yang cukup menarik.

Karakteristik dari portal berita online yang belum tentu disadari oleh masyarakat adalah kemudahan bagi pembuat dan penerbit berita serta pembaca untuk membaut peralihan waktu penerbitan dan pengaksesan sehingga dapat menerbitkan maupun mengarsip artikel untuk dapat dibaca saat ini maupun nanti. Yah, lagi-lagi karena campur tangan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi komunikasi.

Karakteristik jurnalisme online secara general tersebut kesemuanya tentu saja terdapat pada portal berita online dan portal surat kabar online. Pada portal berita online seperti detik.com dengan tag linenya "Situs Warta Era Digital", proses kerja, budaya, dan hasil berita tentunya tidak ada jeda atau tenggat waktu. Karena setiap detik begitu berharga, maka setiap detik adalah tenggang waktu. Sang reporter harus segera berada di tempat peristiwa, agar dapat segera melaporkan dari lapangan segala kondisi dan situasi yang terjadi dengan alat komunikasi saat itu juga ke redaktur, kemudian menulisnya dan mnampilkannya melalui web. Detik.com mengupdate berita hampir setiap menit. Benar-benar sesuai dengan pemilihan nama webnya sehingga dalam satu hari bukan tidak mungkin terdapat update ratusan bahkan ribuan berita. Tampilan detik.com berkesan lebih dinamis dengan berbagai macam komposisi warna yang atraktif sehingga menarik perhatian pembacanya.

Sedangkan pada portal surat kabar online daerah Kedaulatan Rakyat krjogja.com "Dari Jogja Untuk Dunia", secara mekanisme tidak jauh berbeda, namun berita yang disampaikan biasanya hanya merupakan konversi dengan sedikit edit dan sunting berita dari naskah-naskah yang tertulis pada versi cetaknya. Secara sistematis, urutan rubrik dan konten berita sama persis dengan yang versi cetak dan tampilannya cenderung lebih formal dan statis serta tidak memainkan komposisi warna yang terlalu banyak, hanya penulisannya lebih singkat, padat dan berisi. Update berita di krjogja.com adalah setiap 24 jam yang disesuaikan dengan versi cetak hariannya.

Nah, yang manakah pilihan Anda? Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Selamat membaca dan salam Jurnalisme!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun