Mohon tunggu...
nafis idea w.
nafis idea w. Mohon Tunggu... menulis agar tertulis

terus menulis agar menulis dn segera tertulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Manfaat Setiap Individu Mempunyai Kesadaran Sosial "Social Awareness"

4 Mei 2020   13:43 Diperbarui: 4 Mei 2020   14:22 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Setiap Individu Mempunyai Kesadaran Sosial "Social Awareness"
img-20200504-140307-5eafc296097f3611917e8774.jpg

Manfaat setiap individu mempunyai kesadaran sosial ( social awareness) 

Kesadaran social sangat diperlukan untuk setiap individu, karena pada dasarnya setiap manusia tidak lepas dari aktivitas social. Maka dari itu untuk meningkatkan kesadaran social diri sendiri perlu memahami pengertian kesadaran social serta manfaat nya terlebihdahulu.

Perlu diketahui banyak orang yang masih memiliki kesadaran social yang rendah, akibatnya banyak orang yang masih acuh bahkan tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya padahal di sutu hari nanti bahkan keseharian orang tersebut masih membutuhkan orang lain. Social yang tidak seimbang tersebut yang membuat perpecahan sebuah perkumpulan atau masyarakat di beberapa tempat.

Kesadaran social yang di ungkapkan beberapa ahli salah satunya yaitu dari (Goleman) yang mengungkapkan Kesadaran Sosial adalah kemamuan seseorang yang bisa mengenali orang lain yang ada di sekitarnya dan mempunyai kesadaran yang membuahkan kepedulian dan empati kepada orang lain yang ada di sekitarnya. Menurut  Prasolova- Forland (2002) yang  mengemukakan bahwa kesadaran sosial berhubungan dengan kewaspadaan seseorang terhadap situasi sosial yang dialami oleh diri sendiri dan orang lain, sehingga individu dapat menjadi tahu dan menyadari hal- hal yang terjadi di sekelilingnya, seperti mengenai apa yang orang lain lakukan, apakah seseorang terlibat dalam suatu percakapan dan dapat diganggu, siapa saja yang berada di sekitar, dan keadaan apa yang sedang terjadi.

Setelah memahami apa yang di maksud dari kesadaran social maka selajutnya perlu di ketahui contoh-contoh kesadaran social yang sering muncul atau kita lakukan di lingkungan sekitar yaitu

Menggalang dana untuk orang yang membutuhkan seperti panti asuhan, orang yang terkena musibah,atau orag orang yang kurang mampu dan layak untuk menerima sumbangan.

Membantu tetangga, teman atau sanak family yang memerlukan bantuan.

Membuang sampah pada tempatnya untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Perpartisipasi ikut goyong royongkerja bakti yang di adakan oleh pihak setempat.

Menghargai pendapat seseorang yang telah di anggap baik.

Selain contoh contoh dari sikap kesadaran social, maka juga harus mengetahui beberapa manfaat dari mempunyai kesadaran social yang tinggi yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN