Mohon tunggu...
Noval Kurniadi
Noval Kurniadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Passion is the fashion for ur ACTION. Passion without action is NO MENTION! | Kontributor wikipedia | www.valandstories.com | Novalku@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ini Dia 5 Film Wajib Tonton di Europe On Screen 2019!

13 April 2019   14:15 Diperbarui: 13 April 2019   14:17 0 2 2 Mohon Tunggu...
Ini Dia 5 Film Wajib Tonton di Europe On Screen 2019!
Poster Europe on Screen 2019 (dok. Europe on Screen)

Beberapa waktu lalu  saya mendapatkan kesempatan berharga. Saya mewakili Komik (Komunitas Film Kompasiana) mendapatkan undangan dari Cinemagz untuk menghadiri media screening. Acara sendiri dilaksanakan di IFI Jakarta pada Rabu, 10 April 2019 pukul 13.00 WIB. Sesuai namanya, acara ini terbatas untuk media sehingga penonton umum tidak bisa mengikutinya. Bisa dibilang media screening ini adalah semacam pemanasan sebelum Europe on Screen 2019 benar-benar digelar.

Media screening yang saya ikuti tersebut menampilkan 2 film Eropa yang berjudul In Blue dan We Need Your Vote. In Blue adalah film asal Belanda yang bercerita tentang ketertarikan seorang pramugari berusia 40an dengan seorang remaja tunawisma asal Bucharest, Romania bernama Nicu. Pertemuan keduanya diawali saat taksi yang ditumpangi oleh si pramugari menabrak Nicu secara tak sengaja ketika ia ingin ke bandara. Sejak itu si pramugari menjalin hubungan dengan Nicu dan ia mengalami perasaan yang rumit.

Film
Film

Sementara itu We Need Your Vote adalah film komedi asal Prancis yang berkisah tentang Arnold, seorang staf muda yang belum berpengalaman masuk ke tim sukses seorang calon presiden. Di tengah-tengah profesinya sebagai tim komunikasi, ia kemudian jatuh cinta Agnes yang menjadi atasannya di tim tersebut.

Film
Film

Jujur, kedua film tersebut sebenarnya bukan dua film yang benar-benar saya targetkan untuk ditonton saat Europe on Screen 2019 diadakan. Meski begitu, saya tetap menikmati jalinan kedua cerita yang ditawarkan. 

Ngomongin tentang Europe on Screen 2019, tentu dong film yang akan diputar bukan hanya In Blue dan We Need Your Vote. Ada 101 film dari berbagai negara Eropa pilihan yang akan ditayangkan. Film-film tersebut tak hanya berasal dari Inggris, Jerman, Belanda atau bahkan Prancis saja, melainkan juga Romania, Hungaria dan bahkan pendatang baru seperti Serbia dan Azerbaijan. 

Asyiknya lagi, tempat penyelenggaran pada Festival Film Eropa tahun ini bertambah banyak lho. Selain diselenggarakan di Jakarta, Europe on Screen 2019 juga berlangsung di 7 kota besar lainnya seperti Bekasi, Tangerang, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

Semua film yang ditawarkan di Europe on Screen 2019 tentu adalah film-film pilihan yang telah mengalami proses pemilihan atau seleksi yang ketat. Bingung mau nonton yang mana? Eits, enggak perlu khawatir. Sebagai salah satu netijen yang pengen maraton nonton film di Europe on Screen 2019, saya telah memilih 5 judul film rekomendasi wajib untuk ditonton. Intinya, film-film di bawah ini amat sayang deh untuk dilewatkan! Film-film di bawah ini saya pilih berdasarkan beberapa aspek, mulai dari jalan cerita, prestasi dan bahkan 'kelangkaan' dari pemutaran film itu sendiri. Semoga rekomendasi film-film di bawah ini dapat memberikan pencerahan!  

1. Cold War (Polandia)

Film Cold War (dok. Cold War film)
Film Cold War (dok. Cold War film)

Cold War adalah film pertama yang wajib ditonton. Kenapa? Soalnya film Polandia yang rilis pada 2018 ini masuk sebagai nominasi film bahasa asing terbaik dan sinematografi terbaik pada Oscar ke-91. Sebagai film yang mendapatkan salah satu penghargaan terbaik di dunia, tentu film yang disutradarai oleh Pawel Pawlikowski ini adalah film yang berkualitas.

Cold War sendiri berkisah tentang kehidupan seorang pianis dan komposer Polandia di era 50-an bernama Wiktor. Suatu hari ia jatuh cinta dengan seorang penyanyi muda bernama Zula. Bagaimana kisah mereka berdua di tengah-tengah Polandia yang masih dikuasai pemerintah komunis menjadi fokus utama dari film ini.

 

Jadwal penayangan:

-Erasmus Huis Auditorium Jakarta, 21 April 2019 pukul 19.30 WIB

-GoetheHaus Jakarta, 26 April 2019 pukul 19.30 WIB

 

2. Ali and Nino (Azerbaijan)

Film Ali dan Nino (dok. Ali dan Nino film)
Film Ali dan Nino (dok. Ali dan Nino film)

Menonton film dari negara Eropa seperti Inggris, Jerman dan Prancis mungkin adalah hal yang biasa. Namun bagaimana dengan Azerbaijan? Wah, pasti penasaran!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3