Mohon tunggu...
Nida Azumi
Nida Azumi Mohon Tunggu... Seniman - Mahasiswa

ما أحسن من انتهى إلى ما سمع

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hobby Business

27 September 2021   10:41 Diperbarui: 27 September 2021   10:53 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Merubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis 

Dipingir kota seribu industri tepatnya Kota Tangerang. Saya, salah satu mahasiswi prodi komunikasi dan penyiaran Islam STIBA Ar-Raayah Sukabumi, bernama lengkap Nida Azumi. 

kami mendapat Amanah yang berupa tugas amat menarik dari salah satu dosen saya yang luar biasa, beliau adalah dosen mata kuliah Islamic Entrepreneurship Usatdzah Husnul Khotimah S.Pd M.E yang mendukung kami untuk mencoba mengembangkan suatu bisnis disamping semangat kami untuk berdakwah. 

Dan saya mencoba merubah Hobi saya menjadi peluang bisnis, dimana saya sudah menjalankan Hobi saya ini ( menggambar kartun dan mendesain ) sejak saya di bangku SMP, dan dari sana saya mencoba membuka bisnis dibidang ini pada Juli 2020 yang berawal dari pembuatan kartun, kemudian saya mengambangkan bisnis saya dengan pembuatan poster, spanduk, logo produk, layout buku dsb 

Kebetulan saat itu pandemic sedang menyelimuti dunia sehingga Universitas saya menjalankan belajar daring, dan memudahkan saya menjalankan bisnis secara online. Modal yang saya gunakanpun tidak ada sama sekali, karena mendesain mungkin hanya perlu kuota dan dirumah saya menggunakan wifi, kemudian yang paling penting dalam mendesain adalah perlu keahlian tangan yang bekerjasama dengan kreatifitas otak kanan.

Alhamdulillah selama menjalankan Amanah ini selama sepekan, saya mendapatkan banyak sekali teman-teman, keluarga dan followers saya yang tertarik dan mulai memesan desain saya, sehingga terkumpul dalam sepekan Rp.300.000.00 walhamdulillah yang bila dijabarkan, ini penghasilan yang saya ambil dari Layouting dan pembuatan logo barand . dan MasyaAllah ternyata mencari uang itu lelah sekali :')) 

namun ada kepuasan tersendiri, bahagia disisi berbeda. Alhamdulillah setelah merasakan perjuangan berbisnis, saya menjadi lebih paham bagaimana perjuangan Ummi Abi mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga juga saya menjadi lebih berusaha berhemat, dan semakin sering bersyukur,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun